Inpres 1/2022 Diharapkan Muluskan Jalan Menuju UHC Kabupaten Tasikmalaya

Inpres 1/2022 Diharapkan Muluskan Jalan Menuju UHC Kabupaten Tasikmalaya

Dalam upaya untuk terus menjalin kolaborasi dan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan utama, BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya melaksanakan Forum Komunikasi dengan Pemangku Kepentingan Utama Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (19/04). Forum yang diselenggarakan di Kantor Wakil Bupati Tasikmalaya ini terfokus pada pembahasan terkait capaian kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Tasikmalaya serta upaya implementasi Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya, Agus Ramlan Hidayat mengungkapkan bahwa tujuan dari pada kegiatan forum kemitraan pemangku kepentingan ini sebagai sarana komunikasi untuk monitoring dan evaluasi terkait kendala-kendala dan komitmen oleh masing-masing pemangku kepentingan dalam mengoptimalisasikan mutu pelayanan kesehatan dalam dukungan terhadap Program JKN-KIS. 

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan karena merupakan sarana komunikasi dan kolaborasi seluruh para pemangku kepentingan guna memiliki pemahaman yang sama dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dan bersama-sama menawarkan solusi terbaik sebagai peran serta dari masing-masing pihak, selain itu sebagai bentuk dukungan dalam mengoptimalisasikan cakupan kepesertaan, memberikan pemahaman peserta melalui sosialisasi maupun langkah-langkah inovasi guna terus meningkatan kualitas mutu pelayanan JKN-KIS,” ungkap Agus.

Tak lupa Agus menuturkan harapannya kepada seluruh pemangku kepentingan utama agar bersama-sama bisa melangkah demi meningkatkan cakupan kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Tasikmalaya.

“Kami sangat mengharapkan seluruh dukungan dari semua pihak pemangku kepentingan, setiap kendala-kendala yang terjadi bisa dicari solusi terbaik. Dengan adanya Inpres Nomor 1 Tahun 2022, diharapkan regulasi tersebut bisa menjadi jalan untuk peningkatan cakupan kepesertaan JKN-KIS Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya, Wini menyampaikan terkait komitmennya dalam memberi dukungannya dalam keberlangsungan Program JKN-KIS berdasarkan kewenangannya

“Seiring berjalannya waktu Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan terus menunjukkan perkembangan yang positif. Pada saat ini kami sedang melaksanakan migrasi data SIAK secara terpusat, semoga komitmen ini bisa menjadi dukungan untuk program ini. Selain itu, Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya akan memberikan kontak bagi petugas BPJS Kesehatan supaya masyarakat yang sedang mengurus BPJS Kesehatan tidak perlu bolak-balik,” ujar Wini.

 (BS/ha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: