Laga MU v Liverpool Ditunda, City Belum Pastikan Juara

Laga MU v Liverpool Ditunda, City Belum Pastikan Juara

JAKARTA — Operator Liga Premier menunda laga Manchester United (MU) versus Liverpool pada pekan ke-34 Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (02/05/2021) malam WIB.

”Menyusul pelanggaran keamanan di Old Trafford, laga Manchester United vs Liverpool diputuskan ditangguhkan,” tulis Liga Premier dalam pernyataan di laman resminya, Senin (03/05/2021).

Semula, duel big match itu digelar pukul 04.30 pm waktu setempat atau 22.30 WIB. Namun hingga waktu pertandingan, seluruh pemain kedua tim dan ofisial masih berada di hotel dan belum menuju Old Trafford.

Media Inggris Daily Express mengklaim awalnya pertandingan akan ditunda dua jam menjadi pukul 06.30 pm alias jam 01.30 dini hari WIB. Namun sampai saat ini belum ada pernyataan resmi terkait hal tersebut.

Liga Premier juga mengutuk aksi protes berlebihan para suporter MU, yang mendesak keluarga Glazer mundur dari klub itu, sehingga mereka menerobos ke dalam Lapangan Old Trafford dan menimbulkan pelanggaran protokol COVID-19.

”Ini keputusan bersama dari pihak kepolisian, kedua klub, operator Liga Premier dan otoritas lokal. Keamanan dan keselamatan setiap orang di Old Trafford menjadi prioritas utama,” dalam pernyataan itu.

”Kami memahami dan menghargai perasaan kuat para suporter tetapi mengutuk segala aksi kekerasan, dampak kriminal dan penjebolan, khususnya yang berkaitan dengan pelanggaran protokol COVID-19,” katanya.

”Fans punya banyak kanal untuk menyuarakan pandangan mereka, tetapi aksi segelintir oknum hari ini tidak bisa dibenarkan,” demikian pernyataan Liga Premier.

”Kami bersimpati kepada para petugas kepolisian dan pemandu lapangan yang harus berurusan dengan situasi membahayakan, yang seharusnya tidak punya tempat di dalam sepak bola.”

”Pengumuman jadwal baru akan dikomunikasikan lebih lanjut,” demikian pernyataan Liga Premier.

Pada laman resminya, Manchester United menuliskan pernyataan klub terkait penundaan laga malam kemarin.

”Penggemar kami sangat menyukai Manchester United, dan kami sepenuhnya mengakui hak untuk kebebasan berekspresi dan protes damai.”

“Namun, kami menyesalkan gangguan pada tim dan tindakan yang membahayakan penggemar, staf, dan polisi lainnya. Kami berterima kasih kepada polisi atas dukungan mereka dan akan membantu mereka dalam penyelidikan selanjutnya,” demikian penyataan itu.

Dengan penundaan laga itu, Manchester City harus menunggu hingga pekan pertandingan berikutnya untuk mengetahui kepastian gelar juara liga mereka musim ini.

Apabila Setan Merah gagal menang atas Liverpool, The Citizens bisa langsung dinobatkan sebagai juara Premier League 2020/2021.

Koleksi 80 poin atau keunggulan 13 poin atas MU membuat Man City sulit dikejar para rival terdekatnya, termasuk oleh The Red Devils.

Bahkan, jika MU imbang dengan Liverpool yang membuat selisih hanya 12 poin tetap akan menyulitkan tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu menggagalkan Man City sebagai juara musim ini, terutama dari selisih gol yang begitu jauh.

Namun karena pembatalan duel Man United versus Liverpool oleh Premier League akibat protes suporter Setan Merah, Man City harus sedikit bersabar untuk mengangkat trofi Liga Inggris.

Tim besutan Pep Guardiola itu akan menentukan nasibnya sendiri ketika menjamu Chelsea di Etihad pada Sabtu (08/05/2021) pekan depan. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: