Pelatih Nasional Kepanduan Hizbul Wathan Tinjau AGC 2024 di Tasikmalaya, Begini Pesannya

Pelatih Nasional Kepanduan Hizbul Wathan Tinjau AGC 2024 di Tasikmalaya, Begini Pesannya

Pelatih Nasional Kepanduan Hizbul Wathan, Ramanda H. Uun Harun Syamsudin saat meninjau AGC di Bumi Perkemahan Batu Ampar, Rabu 2 Oktober 2024. istimewa--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Perkemahan Amanah Great Camp (AGC) 2024 di Bumi Perkemahan Batu Ampar, Sariwangi, Kabupaten TASIKMALAYA, kedatangan Pelatih Nasional Kepanduan Hizbul Wathan, Ramanda H. Uun Harun Syamsudin, Rabu 2 Oktober 2024.

Ramanda H. Uun didampingi anggota Badan Pembina Pesantren (BPP) Pesantren Amanah, H. Dede Habibullah, M.Pd., dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Tasikmalaya, H. Iip Syamsul Arif MN, Rabu .

Kunjungan Ramanda H. Uun, yang juga merupakan Ketua Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) periode 2015-2020, dilakukan sebagai wujud kecintaannya terhadap Pandu HW. 

Ia disambut hangat oleh Pimpinan Qobilah HW Pesantren Amanah, Ramanda Anang Rifqi, Ramanda H. Taufiq Permana, serta Pelatih Daerah, Rakanda Ghofirli.

BACA JUGA:Nurhayati-Muslim: Revitalisasi Infrastruktur dan Tata Ruang untuk Masa Depan Gemilang Kota Tasikmalaya

Dalam kunjungan tersebut, Ramanda H. Uun meninjau berbagai kegiatan yang berlangsung dan berkeliling melihat tenda peserta yang kosong, karena sebagian besar sedang menjalani kegiatan penjelajahan.

Ia mengapresiasi AGC 2024 dan memberikan nasihat serta motivasi kepada pimpinan Qobilah dan para pelatih yang hadir. 

“Saya bersyukur dan mengucapkan selamat kepada Qobilah Pesantren Amanah atas terselenggaranya AGC 2024 di sini,” ungkapnya.

Ramanda H. Uun juga berbagi pengalaman mengenai penanaman jiwa kepanduan dalam perkemahan, menjelaskan bahwa terdapat dua jenis perkemahan: perkemahan kepanduan dan perkemahan wisata. 

BACA JUGA:Diky Chandra Soroti Masalah Air dalam Pertemuan dengan Kelompok Ibu-Ibu Gapoktan Cibeureum

“AGC 2024 ini merupakan perkemahan kepanduan, meski ada unsur wisatanya,” terangnya. 

Ia menekankan pentingnya memiliki buku panduan HW untuk menghindari kesalahan langkah dan menyayangkan tidak menerima Naskah Usulan Kegiatan. 

“Seandainya saya menerima, saya akan merencanakan untuk ikut berkemah. Namun, jangan lupakan esensi dari perkemahan itu,” pesannya.

Sementara itu, Ketua PDM Kota Tasikmalaya, H. Iip Syamsul Arif, juga memberikan apresiasi terhadap AGC 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: