Airlangga Hartarto, Sosok Kunci di Balik Kepemimpinan Golkar dan Ekonomi Indonesia, ini Profil Detailnya

Airlangga Hartarto, Sosok Kunci di Balik Kepemimpinan Golkar dan Ekonomi Indonesia, ini Profil Detailnya

Airlangga Hartarto saat mengumumkan pengunduran dirinya dari Ketua Umum Partai Golkar. istimewa-tangkapan layar ponsel--

BACA JUGA:Tonton Live Streaming PSIS Semarang vs Persita Tangerang Sore Ini Pukul 15.30 WIB, Zalnando Siap Debut

Airlangga Hartarto lahir pada 1 Oktober 1962 di Surabaya, Jawa Timur. Ia adalah seorang politikus yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak 2019 di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

Sebelumnya, Airlangga menjabat sebagai Menteri Perindustrian dari 2016 hingga 2019. Sebagai Ketua Umum Partai Golkar sejak 2017, ia telah memainkan peran penting dalam peta politik Indonesia.

Pendidikan dan Karier

Airlangga meraih gelar Sarjana Teknik Mesin dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, kemudian melanjutkan studi dan meraih gelar Master of Business Administration (MBA) dari Monash University dan Master of Management Technology (MMT) dari University of Melbourne, Australia.

BACA JUGA:Ada Kampung Tertib Lalu Lintas di Kota Tasikmalaya, untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat saat Berkendara

Dalam kariernya, Airlangga telah menduduki berbagai posisi penting, antara lain sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Perindustrian, Anggota DPR RI, dan Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 

Perannya sangat menonjol dalam menangani pandemi COVID-19 dan memulihkan ekonomi nasional melalui berbagai kebijakan strategis.

Pengaruh dan Kepemimpinan

Di bawah kepemimpinan Airlangga, Partai Golkar terus memperkuat posisinya sebagai salah satu partai politik terbesar di Indonesia. 

BACA JUGA:MALAM Ini Persebaya vs PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan Waspadai Mantan Pemain Persib Bandung, Ini Alasannya

Ia juga dikenal sebagai sosok yang berpengaruh dalam pemerintahan, khususnya di bidang ekonomi dan industri. 

Selain itu, ia telah menerima berbagai penghargaan, seperti Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Joko Widodo pada tahun 2020 atas jasanya dalam pemerintahan.

Pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar menandai awal dari babak baru dalam perjalanan partai tersebut. 

Dengan segala pencapaiannya, Airlangga telah meninggalkan jejak yang signifikan dalam politik dan pemerintahan Indonesia, khususnya dalam memperkuat ekonomi nasional dan menjaga stabilitas partai yang ia pimpin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: