Apa yang Harus Dilakukan Saat Lampu Indikator Aki Motor Menyala?

Apa yang Harus Dilakukan Saat Lampu Indikator Aki Motor Menyala?

Simak yang harus dilakukan saat lampu indikator aki motor menyala!-PT DAM-

Kenali inilah adalah tanda-tanda aki motor perlu diganti:

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Salah satu tanda paling umum accu perlu diganti adalah ketika mesin motor sulit dihidupkan, terutama setelah kendaraan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal ini menunjukkan bahwa daya pada accu sudah menurun. Accu yang sudah lemah tidak dapat menghasilkan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin.

BACA JUGA: Oknum Guru di Kabupaten Pangandaran Mencuri Komputer untuk Judi Online, Divonis 3 Tahun Penjara

2. Starter Tidak Menyala atau Berbunyi Klik Ketika Ditekan

Tanda selanjutnya adalah ketika tombol elektrik starter ditekan tidak ada reaksi apa pun atau hanya terdengar bunyi klik. Hal ini menunjukkan bahwa accu tidak lagi mampu menyediakan daya listrik yang cukup untuk menyalakan mesin.

3. Suara Klakson Mengecil atau Tidak Nyaring

Tanda accu perlu diganti adalah ketika suara klakson menjadi lebih kecil atau tidak nyaring seperti biasanya. Sebab accu yang lemah tak mampu menyuplai daya listrik sesuai kebutuhan untuk menghasilkan suara klakson dengan kencang.

4. Usia Pakai Accu Sudah Mencapai 2 Tahun atau Lebih

Usia pakai juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Umumnya, accu motor memiliki masa pakai sekitar 2 tahun atau lebih, tergantung kualitas accu dan kondisi pemakaian. Seiring usia pakainya, daya accu akan melemah.

5. Cahaya Lampu Motor Meredup

Perhatikan cahaya lampu utama sepeda motor. Jika cahaya lampunya terlihat lebih redup dari biasanya, ini bisa menjadi tanda accu motor sudah lemah dan perlu diganti.

BACA JUGA: Mengerikan! Jepang Diserang Bakteri Pemakan Daging, Apa Itu Infeksi SSTS?

Untuk menjaga seluruh komponen sepeda motor tetap dalam kondisi prima, lakukanlah pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala di bengkel AHASS terdekat. Gunakan layanan kunjung AHASS dan booking service untuk layanan bebas antre.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: