Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, ini Hasil Survei Golkar, Muhammad Yusuf Masih Tertinggi Tapi Ada Pesaing

Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, ini Hasil Survei Golkar, Muhammad Yusuf Masih Tertinggi Tapi Ada Pesaing

Bacawalkot Tasikmalaya dari Partai Golkar dan PAN, H Muhammad Yusuf. istimewa-tangkapan layar ponsel--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Lembaga survei nasional mulai bergerak di Kota Tasikmalaya sejak beberapa bulan ini. Mereka melakukan surveri terhadap para kandidat yang hendak maju di Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya.

Seperti informasi terkini bahwa DPP Golkar telah menunjuk salah satu lembaga survei untuk bergerak di Kota Tasikmalaya. Hasilnya, Minggu lalu telah diserahkan ke DPD Partai Golkar Tasikmalaya.

Eris hermawan, Sekretaris DPD Golkar Kota Tasikmalaya membenarkan hal tersebut. Kata dia yang ditemui di sela Medal Pilkada di halaman GOR Sukapura Dadaha, Minggu 2 Juli 2024, hasil survei itu telah diterima pihaknya minggu lalu.

"Itu adalah hasil survei tahap pertama yang dilakukan DPP Golkar untuk Kota Tasikmalaya dan sudah keluar Minggu kemarin," paparnya.

BACA JUGA:Polri Tangkap Buronan Nomor Satu di Thailand, Chaowalit Thongduang Sempat Kabur dari Rumah Sakit

Terang dia, jagoannya yaitu Bacawalkot Partai Golkar dan PAN H Muhammad Yusuf (HMY) masih yang tertinggi dalam survei lembaga tersebut.

"Pak Haji Muhammaf Yusuf masih yang tertinggi dengan raihan 58 persen. Ada pesaing yang cukup ketat sampai di yang rangking nomor 4. Untuk urutan 2, 3 dan 4 ada sekitar 20 persen ke bawah lah," terangnya.

Dalam survei periode pertama dari lembaga yang ditunjuk DPP Partai Golkar ini masih bersifat global. Yaitu elektabilitas kandidat, kapabilitas dan popularitas.

"Di sana persentasi muncul dan siapa pesaingnya. Kemudian dari unsur apa saja kurang dan lebihnya para kandidat yang tersurvei itu," terangnya.

BACA JUGA:SERU, Babak Pertama Timnas Indonesia vs Tanzania Berakhir Imbang 0-0, Banyak Peluang Tercipta

Beber Eris, hasil survei periode pertama ini masih bersifat umum. Mereka yang disurvei adalah kalangan pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai negeri, swasta, lapisan-lapisan masyarakat dan lain sebagainya.

Kemudian, tambah Eris, dalam hasil survei lembaga tersebut merekomendasikan kekurangan atau langkah-langkah yang harus dilakukan oleh kandidat yang tersurvei, untuk kemudian nanti pada survei periode kedua disimulasikan. 

"Disimulasi ini nanti masuk kandidat Z1 dengan calon Z2. Survei kedua ini sedang dimulai kini dan selesai pada pertengahan Juli nanti," tambahnya. 

Jelas Eris, hasil survei periode pertama ini respondennya 600 orang dengan margin eror 5,6 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: