Tuntas! Penggantian 9 Jembatan Sepanjang 2.116 Meter, Usia Jembatan di Atas 40 Tahun

Tuntas! Penggantian 9 Jembatan Sepanjang 2.116 Meter, Usia Jembatan di Atas 40 Tahun

Jembatan di Jawa Timur yang sudah tuntas diduplikasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.-Kementerian PUPR-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menuntaskan penggantian 9 jembatan di Provinsi Jawa Timur.

Semua jembatan sepanjang 2.116 meter yang berhasil direvitalisasi selama periode 2021 - 2023 tersebut merupakan tipe Callender Hamilton (CH).

Program duplikasi jembatan ini merupakan bagian dari mitigasi risiko jembatan runtuh karena usia jembatan di atas 40 tahun dan dampak overloading (beban berlebih kendaraan).

Dilansir laman PUPR, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja mengatakan semua jembatan dengan tipe Callender Hamilton telah selesai diganti.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Spot Sunrise Terbaik di Bandung, Cocok Deh Buat Healing Biar Gak Pusing!

BACA JUGA: Dinsos Kota Tasikmalaya Disentil Kurang Proaktif Tangani Anak Jalanan, Jargon Hebat Harus Ada Tindakan Nyata

Kini semua jembatan baru sudah dibuka untuk lalu lintas kendaraan guna mendukung pergerakan orang, jasa dan memperlancar distribusi logistik di Jawa Timur.

Dengan selesainya penggantian jembatan tipe Callender Hamilton, ia berharap konektivitas antarwilayah terus terjaga bahkan semakin meningkat guna mendorong perekonomian masyarakat di Jatim.

Penggantian jembatan lama tipe Callender Hamilton di Jatim merupakan proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yakni antara Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dengan PT Baja Titian Utama (Badan Usaha Pelaksana) dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia.

Endra yang juga merupakan Juru Bicara Kementerian PUPR ini merangkan revitalisasi 9 jembatan tersebut menelan biaya Rp 591,9 miliar.

BACA JUGA: Inovasi Warga Kota Tasikmalaya, Ciptakan Alat Pembakar Sampah Sedikit Asap yang Ramah Lingkungan

BACA JUGA: ASN, Guru, Mahasiswa dan Pelajar Kota Banjar Terbitkan 47 Buku Berbagai Judul saat Hari Pendidikan Nasional

Pekerjaan duplikasi jembatan dilaksanakan selama 2021 - 2023 dengan total panjang penanganan 2.116 meter.

Penggantian 9 jembatan di Provinsi Jawa Timur bagian dari proyek nasional duplikasi 37 jembatan bertipe Callender Hamilton selama 2021 - 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: