Siapa Pejabat yang Layak Menduduki Kursi Sekda Kota Tasikmalaya Selanjutnya?

Siapa Pejabat yang Layak Menduduki Kursi Sekda Kota Tasikmalaya Selanjutnya?

Ilustrasi kursi jabatan Sekda Kota Tasikmalaya. istimewa-tangkapan layar ponsel--

Siapa Pejabat yang Layak Menduduki Kursi Sekda Kota Tasikmalaya Selanjutnya?

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Secara umum Sekda atau Sekretaris Daerah adalah pimpinan sekretariat daerah (Setda) yang merupakan unsur pembantu pimpinan pemerintah daerah.

Sekda bertugas membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah serta lembaga teknis daerah. 

Dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya, Sekda bertanggung jawab kepada kepala daerah. Sekda diangkat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau dari Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang memenuhi persyaratan. 

BACA JUGA:Dua Wisatawan Kabupaten Ciamis Hilang di Pantai Barat Kabupaten Pangandaran, Begini Kronologinya

Sekda kedudukannya juga sebagai pembina PNS di daerahnya. Sekda dapat disebut jabatan paling puncak dalam pola karier PNS di daerah.

Khususnya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, posisi Sekda sebentar lagi akan kosong.

Pasalnya Sekda saat ini yaitu Ivan Dicksan akan mengundurkan diri karena bersiap maju di Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya. Lalu siapa yang penggantinya?

Kini di kalangan ASN Pemkot Tasikmalaya beberapa nama telah bermunculan. Ada A, B, C dan lain sebagainnya yang digadang-gadang layak menduduki kursi kosong posisi Sekda.

BACA JUGA:Cara Menggunakan QRIS BCA di Singapura, Malaysia dan Thailand

"Ya sepertinya pak A, B, C dan D. Karena beliau termasuk ASN senior dan berpengalaman. Sebelumnya telah memimpin dinas strategis beberapa kali," ujar sumber terpercaya radartasik.com di Bale Kota, Jumat 19 April 2024 sore.

Wacana siapa yang layak menduduki kursi Sekda ini kian menghangat setelah perwakilan Ivan Dicksan mengambil formulir pendaftaran penjaringan Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) Tasikmalaya ke PPP tadi pagi.

Hal ini semakin menegaskan bahwa Ivan Dicksan serius untuk maju menjadi salah satu peserta Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya dan siap melepaskan jabatannya. Sehingga kursi jabatan Sekda bakal segera kosong. 

Sedikitnya ada 4 nama pejabat saat ini tengah ramai didengungkan di kalangan ASN layak menjadi Sekda Kota Tasikmalaya selanjutnya. Mereka adalah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: