Hari ini Diprediksi Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Jalur Gentong Tasikmalaya

Hari ini Diprediksi Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Jalur Gentong Tasikmalaya

Antrean kendaraan arus balik di Jalur Gentong Kabupaten Tasikmalaya, Minggu 14 April 2024. istimewa--

Hari ini Diprediksi Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Jalur Gentong Tasikmalaya 

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Jalur Gentong Kabupaten Tasikmalaya masih dipadati kendaraan pada H+3 Idul Fitri, kemarin Sabtu 13 April 2024. 

Pantauan pagi ini, Minggu 14 April 2024 saat H+4 Lebaran, kondisi di Jalur Gentong arus balik mulai lancar walaupun terkadang merayap.

Namun demikin, puncak arus balik tetap diprediksi terjadi hari ini, Minggu 14 April 2024. Diduga, arus akan mulai padat mulai siang hari.

BACA JUGA:Ini Toko Oleh-oleh Pangandaran Dekat Destinasi Wisata Pantai, Cocok Dibawa untuk Rekan Kerja di Kota

Pantaun kemarin, antrean kendaraan terjadi di ruas jalan Kecamatan Jamanis hingga Gentong. Polisi memberlakukan sistem one way untuk memperlancar jalur tersebut.

Meskipun jalur sempat lancar, kepadatan kembali terjadi setelah lebih dari satu jam. Kecepatan kendaraan terbatas di bawah 30 kilometer per jam, sementara pengendara motor menyusuri bahu jalan.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Dede Iskandar, mengakui tingginya volume kendaraan selama arus balik lebaran. Keberadaan beberapa hambatan, termasuk persimpangan, membuat antrean semakin panjang.

Pihak kepolisian telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kepadatan, termasuk penerapan jalur one way, penertiban kendaraan, dan rekayasa lalu lintas. Tim penanganan kepadatan juga telah disiagakan di pos-pos rawan macet.

BACA JUGA:Liburan ke Ciamis? Kulineran Yuk di 5 Rekomendasi Tempat Bakso Favorit di Ciamis yang Selalu Ramai Pengunjung

Diperkirakan kepadatan akan berlanjut hingga akhir masa libur lebaran, dengan puncak arus balik di Tasikmalaya diprediksi terjadi pada hari Minggu 13 April 2024, saat pemudik dan wisatawan kembali ke rutinitasnya.

Iptu Dede mengimbau para pengendara untuk selalu berhati-hati, terutama di tengah potensi peningkatan kecelakaan akibat hujan. "Prioritaskan keselamatan," katanya, kemarin.

Kepadatan lalu lintas di Jalur Gentong ini telah meningkat sejak hari Jumat 12 April 2024 lalu. Terutama pada malam hari, dengan kendaraan melaju lebih lambat dari hari biasa.

Seperti yang dialami Diki Nurjaman (40), seorang pengendara dari Ciamis menuju Cianjur, yang menghabiskan waktu lebih dari 7 jam 30 menit dari Ciamis sampai Lingkar Gentong pada Jumat 12 April 2024 malam pukul 22.30 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: