Penjelasan Kemdikbudristek Terkait Ferienjob Mahasiswa di Jerman, Dirjen Vokasi: Bukan Program Magang MBKM

Penjelasan Kemdikbudristek Terkait Ferienjob Mahasiswa di Jerman, Dirjen Vokasi: Bukan Program Magang MBKM

Penjelasan Kemdikbudristek terkait Ferienjob mahasiswa di Jerman.-kemdikbudristek-

Penjelasan Kemdikbudristek Terkait Ferienjob Mahasiswa di Jerman, Dirjen Vokasi: Bukan Program Magang MBKM

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Kemdikbudristek melalui Dirjen Pendidikan Vokasi Kiki Yulianti menegaskan bahwa Ferienjob mahasiswa di Jerman bukan bagian dari program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hal itu disampaikan Kiki Yulianti pada Rapat Kerja Kemdikbudristek bersama Komisi X DPR RI, Rabu 3 April 2024 saat membahas 3 isu pendidikan yang sedang viral yakni Ferienjob, Pramuka, dan perkembangan seleksi guru ASN PPPK 2024.

Kiki menjelaskan dalam program magang MBKM terdapat ketentuan yang berkaitan dengan penguatan kompetensi mahasiswa sesuai dengan program studinya.

BACA JUGA:Update Kondisi Cedera Marc Klok Setelah Jalani Pemulihan di Singapura, Kini Merasa Lebih Baik

Lanjut dia, program MBKM memiliki tujuan untuk meningkatkan hard skill dan soft skill sehingga dapat menciptakan talenta muda yang potensial untuk bekerja di industri.

Kemudian, Kiki menjelaskan bahwa Ferienjob merupakan program legal dari Pemerintah Jerman yang bertujuan untuk mengisi kekurangan tenaga kerja fisik di Jerman.

Kata Dia, Ferienjob bisa diartikan sebagai pekerjaan yang repetitif dan mengandalkan fisik.

Kiki menambahkan Ferienjob tidak memberikan pengalaman budaya dan keterampilan bahasa Jerman kepada mahasiswa yang mengikuti program kerja tersebut.

BACA JUGA:Belasan Ribu Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Mulai Masuk Jalur Gentong Tasikmalaya

Di sini lain, Kiki juga menyampaikan tidak ada kerjasama bilateral antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jerman terkait Ferienjob.

Karena tidak adanya kerjasama antara dua negara, maka program kerja tersebut berpotensi menimbulkan masalah dan merugikan mahasiswa Indonesia.

Dia pun kembali menegaskan bahwa Ferienjob tidak sejalan dengan program MBKM Kemdikbudristek yang dilaksanakan setiap semester.

Kiki menyampaikan terjadi misinformasi di masyarakat mengenai Ferienjob yang dipersepsikan sebagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: