Belasan Ribu Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Mulai Masuk Jalur Gentong Tasikmalaya

Belasan Ribu Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Mulai Masuk Jalur Gentong Tasikmalaya

Kendaraan pemudik Lebaran 2024 saat melintasi Pos Pengamanan Terpadu Jalur Gentong Kabupaten Tasikmalaya, Jumat 5 April 2024 dini hari. Istimewa--

Belasan Ribu Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Mulai Masuk Jalur Gentong Tasikmalaya 

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Volume kendaraan pemudik Lebaran dari arah Bandung menuju Kabupaten Tasikmalaya melalui Jalur Gentong terus meningkat, Jumat 5 April 2024 dini hari. 

Mayoritas kendaraan yang melintas adalah mobil pribadi pemudik Lebaran 2024 dengan plat nomor luar daerah Tasikmalaya dan sekitarnya. 

Menurut data dari Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya Kota, sebanyak 14.503 kendaraan telah melintas ke Jalur Gentong sejak Kamis kemarin 4 April 2024 hingga dini hari tadi.

BACA JUGA:Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Selama Mudik Lebaran 2024 Aman dan Lancar Bagaimana Kualitas Produknya?

Dari 14.503 kendaraan ini rinciannya 9.543 kendaraan roda empat dan 4.960 kendaraan roda dua.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Joko Sulistiono, menyatakan bahwa meskipun terjadi peningkatan volume kendaraan, arus lalu lintas masih lancar. 

"Untuk pantauan hingga kini memang terjadi peningkatan, tetapi untuk arus lalu lintas masih berjalan lancar dan normal," ujarnya kepada wartawan saat ditemui di Pos Pengamanan Terpadu Jalur Gentong Jumat dini hari.

Namun, diprediksi pihaknya puncak arus mudik akan terjadi pada siang ini hingga malam nanti. 

BACA JUGA:Getir, 11 Hari Menghilang, Jasad Sang Ibu Ditemukan Membusuk di Dekat Kandang Ayam di Karangnunggal Tasik

Untuk mengantisipasi kemacetan, telah didirikan 48 pos penjagaan dan pengaturan (gatur), serta disiapkan tim untuk mengurai kemacetan di titik-titik rawan.

"Kami sudah menggelar personel di pos pengamanan khususnya di Jalur Gentong. Kita sudah siapkan 48 pos gatur, di mana untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan," terangnya.

Pihak kepolisian juga telah menyiapkan skema rekayasa arus lalu lintas, termasuk sistem one way dan skema contra flow, yang akan diterapkan sesuai kondisi di lapangan. 

Joko menekankan bahwa langkah-langkah tersebut diambil untuk menjaga kelancaran arus mudik dan meminimalisir kemacetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: