Pesan Staf Ahli Kemdikbudristek Kepada Pendaftar KIP Kuliah 2024, Pilih Program Studi Ini Katanya

Pesan Staf Ahli Kemdikbudristek Kepada Pendaftar KIP Kuliah 2024, Pilih Program Studi Ini Katanya

Pesan Staf Ahli Kemdikbudristek kepada pendaftar KIP Kuliah 2024.-pexels-

Pesan Staf Ahli Kemdikbudristek Kepada Pendaftar KIP Kuliah 2024, Pilih Program Studi Ini Katanya

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Staf Ahli Kemdikbudristek Bidang Manajemen Talenta Tatang Mutaqien berpesan kepada pendaftar KIP Kuliah 2024 untuk memilih program studi unggulan yang sudah terakreditasi A.

Kemudian, Tatang berharap perguruan tinggi dapat meningkatkan jumlah mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024 pada program studi unggulan.

Menurut Tatang, meningkatkan jumlah penerima KIP Kuliah 2024 di program studi unggulan dapat membantu mendorong mahasiswa mendapat pekerjaan yang layak setelah lulus dari kuliah.

BACA JUGA: Fokus Bintang Persib Stefano Beltrame Tak Terganggu Laga Ditunda karena Piala Asia U-23 2024 di Qatar

Dia menambahkan, jika mahasiswa penerima KIP Kuliah telah kuliah dan mendapatkan pekerjaan yang layak, maka dapat memutus lingkaran kemiskinan.

Kata Tatang, pilihan pendaftar KIP Kuliah 2024 pada program studi unggulan harus menjadi perhatian dan pertimbangan dalam menyeleksi mahasiswa penerima.

"Diharapkan pilihan pendaftar KIP Kuliah pada program studi unggulan menjadi perhatian dan pertimbangan," kata Tatang di Surabaya seperti dikutip dari website Puslapdik Kemdikbudristek.

Pada Kegiatan Rapat Koordinasi KIP Kuliah 2024 dan Evaluasi KIP Kuliah Merdeka 2024 di Surabaya, Tatang menjelaskan hanya 20 mahasiswa penerima KIP Kuliah 2023 yang memilih program studi terakreditasi A.

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran 2024, Polres Banjar Siagakan Ratusan Personel dan Siapkan Jalur Alternatif

Dia menyebut angka tersebut mengalami penurunan dari tahun 2021 yang mencapai 23 persen.

Berkaitan dengan hal tersebut, Tatang mengharapkan mahasiswa yang diprioritaskan untuk menjadi penerima KIP Kuliah 2024 yaitu mahasiswa yang sudah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Dikdasmen saat menempuh pendidikan di SMA atau SMK.

Untuk diketahui, hanya sebesar 18 persen mahasiswa penerima KIP Kuliah 2023 yang menjadi penerima PIP Dikdasmen saat SMA atau SMK.

Untuk diketahui, PIP Dikdasmen dan KIP Kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan nasional yang disalurkan pemerintah kepada masyarakat kurang mampu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: puslapdik dikbud