Keistimewaan Doa Ramadhan Hari Ke-9, Dianugerahi Rahmat dan Cinta-Nya

Keistimewaan Doa Ramadhan Hari Ke-9, Dianugerahi Rahmat dan Cinta-Nya

Keistimewaan doa ramadhan hari ke-9. Foto:freepik/reka foto--

Berikut ini adalah makna dan kandungan doa ramadhan hari ke-9:

1. Rahmat adalah sifat Allah, yang artinya kasih sayang, Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

Tuhan-mu telah menetapkan sifat Kasih Sayang (Rahmat) pada diri-Nya” (QS. Al An’am: 54).

Rahmat Allah itu sangat luas dan meliputi segala sesuatu. Bahkan, Allah selalu mendahulukan rahmat-Nya dibanding murka-Nya, sebagaimana yang disampaikan dalam sebuah hadits:

لَمَّا خَلَقَ اللَّهُ الْخَلْقَ كَتَبَ فِى كِتَابِهِ – هُوَ يَكْتُبُ عَلَى نَفْسِهِ ، وَهْوَ وَضْعٌ عِنْدَهُ عَلَى الْعَرْشِ – إِنَّ رَحْمَتِى تَغْلِبُ غَضَبِى

“Tatkala Allah menciptakan makhluk-Nya, Dia menulis dalam kitab-Nya, yang kitab itu terletak di sisi-Nya di atas ‘Arsy, “Sesungguhnya rahmat-Ku mengalahkan kemurkaan-Ku” (HR. Bukhari dan Muslim)

Betapa besar dan amat berharganya rahmat Allah, sehingga kita dianjurkan untuk memohon rahmat-Nya dalam berdoa.

Salah satunya adalah doa ramadhan hari ke 9 di atas, dimana permohonan pertama dalam doa tersebut adalah meminta dianugerahi rahmat Allah.

2. Dengan meminta petunjuk dari Allah, kita menunjukkan kerendahan hati kita dan mengakui bahwa kita membutuhkan bimbingan-Nya dalam hidup ini. 

Aaran-ajaran Allah yang terang, yaitu Al-Islam yang disampaikan oleh para rasul sejak nabi Adam sampai Nabi Muhammad SAW.

Ketika kita mengikuti ajaran-ajaran Allah, kita bisa hidup sesuai dengan kehendak-Nya dan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

3. Permohonan ketiga dalam doa ramadhan hari ke-9 ini adalah lanjutan dari permohonan kedua, yakni memohon agar dibimbing menuju keridhaan-Nya.

Ridha Allah adalah pencapaian yang sangat besar, manusia yang diridhoi Allah pastilah akan mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. 

Manusia yang berada dalam keridhoan Allah pastilah mereka sangat mencintai-Nya, Allah menjadi tujuannya dan karena itu mereka sangat merindukan pertemuan dengan-Nya.

4. Bagian terakhir dari doa ramadhan hari ke-9 ini menegaskan keyakinan bahwa Allah adalah harapan bagi orang-orang yang merindukan pertemuan dengan-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: