Cerita Pasukan Ungu Kabupaten Ciamis yang Berjasa Besar Menjaga Kebersihan hingga Meraih Adipura Kencana

Cerita Pasukan Ungu Kabupaten Ciamis yang Berjasa Besar Menjaga Kebersihan hingga Meraih Adipura Kencana

Perwakilan pasukan ungu membawa Piala Adipura Kencana saat melakukan arak-arakan di Kabupaten Ciamis, Rabu 6 Maret 2024. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya--

Cerita Pasukan Ungu Kabupaten Ciamis yang Berjasa Besar Menjaga Kebersihan hingga Meraih Adipura Kencana

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Kabupaten Ciamis mendapatkan Anugerah Adipura Kencana 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) kemarin Selasa 5 Maret 2024. 

Raihan prestisius itu berkat kinerja ratusan petugas ungu pembersih jalan yang bekerja setiap pagi, siang, dan sore di Kabupaten Ciamis. 

Para srikandi pasukan ungu pembersih jalan yang tak kenal cuaca dan tak kenal waktu ini selalu membersihkan jalan dari sampah. 

BACA JUGA:Model Hijab untuk yang Berkacamata, Tampil Cantik dan Nyaman Tanpa Ribet untuk Ramadhan 2024, Ini Tipsnya!

Tentunya ada pengalaman suka duka yang dialami para srikandi dalam kesehariannya membersihkan jalan agar tetap bersih di jalan. Sehingga dapat terlihat daerah Kabupaten Ciamis yang nyaman dan sehat. 

Seperti halnya Srikandi Pasukan Ungu Pembersih Jalan, Aah Sanaah. Dia menjadi petugas kebersihan sudah 11 tahun dan statusnya masih tenaga harian lepas (THL).  

Dia menerima gaji Rp 850.000 per bulan dengan jam kerja mulai pukul 05.30 hingga 10.00 dan bertugas di sekitar Jalan Jenderal Sudirman - Jalan Nasional III Ciamis.

"Saya sebagai petugas kebersihan di jalan pun ada suka dan dukanya. Karena orang lain masih tidur, saya setiap harinya harus bangun pukul 03.00," katanya kepada Radar Tasikmalaya, Rabu 6 Maret 2024.

BACA JUGA:Tukang Jegal dari PSS Sleman, Ini Deretan Kartu Kuning dan Merah yang Dikoleksi Wahyudi Hamisi yang Fantastis

"Harus bangun pukul 03.00 untuk menyiapkan keperluan keluarga di rumah, dan harus berangkat pagi untuk bertugas membersihkan jalan," sambungnya.

Kalau duka lainnya, saat ini ketika musim hujan. Karena sampah banyak yang di jalan dan ketika ada mobil dump truck saat dipinggir jalan pasti ada sampahnya. "Sehingga setelah dibersihkan, ada sampah lagi," terangnya.

Sedangkan untuk sukanya biasa menemukan uang Rp 2.000-5.000 untuk yang disedekahkan dan dibelikan minuman. 

Oleh karenanya, ketika Kabupaten Ciamis menerima Adipura Kencana, dirinya selaku petugas kebersihan jalan pun merasa bangga. Dia pun tergerak untuk lebih bersemangat lagi dalam bertugas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: