Perguruan Tinggi di Kabupaten Ciamis Harus Katrol Angka IPM, Carannya?

Perguruan Tinggi di Kabupaten Ciamis Harus Katrol Angka IPM, Carannya?

Wakil Bupati Kabupaten Ciamis Yana D Putra memberikan sambutan dalam kuliah umum STIKes Muhammadiyah Ciamis, Sabtu 24 Februari 2024. istimewa--

Perguruan Tinggi di Kabupaten Ciamis Harus Katrol Angka IPM, Carannya?

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi indikator untuk melihat program pemerintah daerah berjalan dengan baik atau tidak. 

Terutama dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat perihal kesehatan, pendidikan, pemerataan ekonomi, infrastruktur, dan lainnya. Lalu bagaimana Kabupaten Ciamis sudah berapa IPM-nya?

Berdasarkan data BPS, IPM Kabupaten Ciamis setiap tahunnya ada kenaikan. Tahun 2020 70.49, tahun 2021 70.93, dan tahun 2022 71.45. Namun angka itu masih di bawah Provinsi Jawa Barat yang mencapai 73.12 pada tahun 2022 lalu.

BACA JUGA:Program BRInita Sulap Lahan Sempit Jadi Urban Farming yang Produktif

Agar tetap positif dalam menunjang kenaikan angka IPM maka pemerintah daerah perlu melakukan kolaborasi, salah satunya dengan perguruan tinggi.

Maka, Wakil Bupati Kabupaten Ciamis Yana D Putra hadir dalam kuliah umum yang diselenggarakan STIKes Muhammadiyah Ciamis di Auditorium KH Ahmad Dahlan, Sabtu 24 Februari 2024 kemarin. 

Wabup Yana berpesan agar STIKEs Muhammadiyah terus berkontribusi positif untuk meningkatkan angka IPM Kabupaten Ciamis. 

"STIKes Muhammadiyah Ciamis berhasil memberikan kontribusi positif yang signifikan bagi kemajuan pendidikan dan kesehatan masyarakat setempat. Sehingga mampu meningkatkan pembangunan (IPM, Red) di Kabupaten Ciamis," katanya. 

BACA JUGA:Seorang Pendaki Gunung Cikuray Kabupaten Garut Tewas Tersambar Petir saat Berteduh dari Hujan

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Ciamis ingin terus menjaga kolaborasi dengan perguruan tinggi dalam menunjang peningkatan IPM, salah satunya dengan STIKes Muhammadiyah Ciamis. 

Sebab, STIKes Muhammadiyah Ciamis juga menjadi faktor penting dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Ciamis. 

"STIKes Muhammadiyah Ciamis telah membantu Pemkab Ciamis dengan menyediakan tenaga kerja yang berkualitas, terutama di rumah sakit dan puskesmas yang ada di Kabupaten Ciamis," terangnya. 

Dengan adanya peran tersebut, ia pun menyampaikan apresiasi atas peran STIKes Muhammadiyah tersebut. Karena keberadaan STIKes Muhammadiyah Ciamis terus memberi pelayanan pendidikan dan menyediakan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: