Musim Pemilu 2024 Bikin Perajin Alat Tradisional di Ciamis Kebanjiran Berkah

Musim Pemilu 2024 Bikin Perajin Alat Tradisional di Ciamis Kebanjiran Berkah

Aktivitas perajin alat-alat musik tradisional di Saung Kadali Kancana Desa Hujungtiwu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis, Jumat 2 Februari 2024. istimewa--

BACA JUGA:Setelah Makan Durian Apa Boleh Minum Kopi? Simak Baik-Baik, Ini Penting Bagi Anak Senja

"Inginnya bisa memeriahkan acara di GBK tersebut, sehingga Bedug Kohkol (Dugkol) yang ada di sanggarnya mampu tampil sebagai pengarah memainkan musik tradisional kohkol. Itu supaya memiliki irama didengarkan enak," harapnya.

Sebab, tambah dia, ketika ketukan kohkol pas, menimbulkan irama enak dan bisa mengiri musik. "Alat kesenian kohkol ini bisa untuk mengiringi jenis musik daerah, musik religi, dangdut, dan lainnya," tambahnya.

Hal itu karena di Kecamatan Panjalu khususnya di Desa Hujungtiwu, alat musik tradisional kohkol masih dilestarikan. Seperti yang sering dimainkan oleh sanggar Saung Kataji Buhun Kiwari Dusun Sindangkerta Desa Hujungtiwu ketika pentas seni pertunjukan dugkol.

"Kita biasanya memainkan Dugkol saat ada undangan event-event kesenian tradisional ataupun mengisi acara hiburan," jelasnya.

BACA JUGA:Berapa Harga Honda Stylo 160, Model Skutik Premium Fashionable dengan Desain Modern Klasik Retro?

Sedangkan kalau zaman dulu manfaat kohkol, sebagai alat komunikasi. Itu biasanya terpasang di pos ronda, masjid, dan di rumah. 

"Biasanya bunyi kohkol untuk memberikan kode, ketika ada bencana ataupun komunikasi lainnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: