1308 Surat Suara Pemilu untuk di Kabupaten Tasikmalaya Kedapatan Kondisinya Rusak, Mayoritas Ada Sobekan

1308 Surat Suara Pemilu untuk di Kabupaten Tasikmalaya Kedapatan Kondisinya Rusak, Mayoritas Ada Sobekan

Petugas KPU Kabupaten Tasikmalaya saat memperlihatkan surat suara Pilpres yang sobek, Senin 15 Januari 2024. istimewa--

1308 Surat Suara Pemilu untuk di Kabupaten Tasikmalaya Kedapatan Kondisinya Rusak, Mayoritas Ada Sobekan

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Sebanyak 1308 surat suara Pemilu 2024 ditemukan rusak saat proses pelipatan dan sortir yang di laksanakan KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Selama 6 hari proses pelipatan dan penyortiran itu telah selesai untuk surat suara untuk pemilihan DPRD Provinsi Jawa Barat, dan surat suara DPR-RI. 

"Yang saat ini masih berjalan yakni penyortiran dan pelipatan untuk surat sura DPD-RI dan Presiden," ujar Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Ami Imron Tamami saat ditemui di kantornya, Senin 15 Januari 2024.

BACA JUGA:Antisipasi Bencana saat Musim Hujan, Kodim 0613 Ciamis, Pemkot Banjar dan Stakeholder Lainnya Lakukan Hal ini

Dari jumlah 1308 surat suara yang dinyatakan rusak tersebut mayoritas kerusakannya mulai dari sobek dan terdapat bercak tinta. 

"Termasuk kertasnya kusut atau tidak rata sempurna, tapi kebanyakan memang sobek. Untuk salah cetak masih belum ditemukan di Kabupaten Tasikmalaya," terang Ami.

Ami menambahkan, bagi surat suara yang rusak tersebut untuk selanjutnya di berita acara kan atau dilaporkan untuk pengajuan ke KPU Provinsi Jawa Barat. 

"Nantinya surat suara yang rusak itu akan dicetak dan dikirim kembali ke sini dan itu akan kami ajukan secepatnya setelah selesai seluruhnya," tambah Ami.

BACA JUGA:Nyamar Jadi Agen Properti, Pelaku Pembobol Rumah Siang Bolong di Tasikmalaya Diciduk Polda Jabar

Jelas dia, pelipatan dan penyortiran untuk surat suara tersebut ditargetkan selesai pada waktu 10 hari setelah dimulainya sejak tanggal 9 Januari 2024 lalu.

"Sesuai target awal pelipatan dan penyortiran ini selesai 10 hari. Saat ini masih ada waktu empat hari karena sudah dilaksanakan selama 6 hari dengan hari ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: