Antisipasi Bencana saat Musim Hujan, Kodim 0613 Ciamis, Pemkot Banjar dan Stakeholder Lainnya Lakukan Hal ini

Antisipasi Bencana saat Musim Hujan, Kodim 0613 Ciamis, Pemkot Banjar dan Stakeholder Lainnya Lakukan Hal ini

Personel Kodim 0613 Ciamis bersama Pemkot Banjar dan stakeholder lainnya saat melakukan bersih-bersih Sungai Ciroas, Senin 15 Januari 2024. Istimewa--

Antisipasi Bencana saat Musim Hujan, Kodim 0613 Ciamis, Pemkot Banjar dan Stakeholder Lainnya Lakukan Hal ini

BANJAR, RADARTASIK.COM - Guna mengantisipasi bencana alam di musim hujan, Kodim 0613 Ciamis bersama Pemkot Banjar serta stakeholder terkait lainnya melakukan bersih-bersih area pasar tradisional, sungai serta melakukan penanaman pohon.

Bersih-bersih Sungai Ciroas yang merupakan anak Sungai Citanduy ini dilakukan agar bersih dari segala sampah yang ada, serta penanaman ratusan pohon berbagai jenis di lakukan di area sekitar Lapas Banjar. 

Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan karya bhakti sebagai bentuk kepedulian untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam. 

BACA JUGA:Nyamar Jadi Agen Properti, Pelaku Pembobol Rumah Siang Bolong di Tasikmalaya Diciduk Polda Jabar

"Ini merupakan kepedulian kita untuk mencegah terjadinya bencana banjir dengan ditanami pohon, dilahan yang dianggap gundul," ujarnya kepada awak media, Senin 15 Januari 2024. 

Hal tersebut, terang dia, sebagai antisipasi dengan melakukan siaga terlebih berdasarkan informasi BMKG tidak bisa memprediksi anomali cuaca. 

"Sehingga paling tidak kita sudah siap untuk mencegah terjadinya banjir, dari hasil bersih-bersih Sungai Ciroas tadi," terangnya. 

Diakuinya, bersih-bersih sungai dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah dan menghilangkan bau-bau yang kurang sedap di aliran Sungai Ciroas.

BACA JUGA:15 Januari 2012, Momen Diego Milito Membuat AC Milan Lengser dari Puncak Klasemen

Dengan dilakukan gotong royong bersih-bersih sungai bisa mengantisipasi jika terjadi banjir di wilayah Kota Banjar akibat luapan air sungai. 

Kalapas Banjar, Amico Balalembang, mendukung  penanaman pohon yang diinisiasi oleh Dandim 0613 Ciamis dengan dilakukan di area Lapas Banjar. 

"Penanaman pohon dilakukan sebagai pencegahan banjir dan untuk penghijauan di sekitar Lapas Banjar," tuturnya.

Penanaman pohon seperti ini tentu akan terus digencarkan dalam upaya menjaga kelestarian alam yang ada di Kota Banjar agar tetap hijau dan asri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: