Ini Kerupuk Melarat Camilan Legendaris Khas Cirebon, Ketahui Bahan-bahannya di Sini

Ini Kerupuk Melarat Camilan Legendaris Khas Cirebon, Ketahui Bahan-bahannya di Sini

Inih kerupuk melarat camilan legendaris khas Cirebon, ketahui bahan-bahannya di sini.-Pinterest-

Ini Kerupuk Melarat Camilan Legendaris Khas Cirebon, Ketahui Bahan-bahannya di Sini

CIREBON, RADARTASIK.COM - Kerupuk melarat menjadi camilan legendaris khas Cirebon yang masih eksis sampai saat ini. Kerupuk melarat mudah ditemukan di berbagai penjuru Kota Cirebon.

Konon katanya, kerupuk melarat khas Cirebon telah ada sejak tahun 1926. Penamaan kerupuk melarat ternyata bukan tanpa alasan.

Kata ''melarat'' benar-benar menjadi gambaran kondisi sulitnya ekonomi masyarakat Cirebon pada zaman dahulu. Hal ini dikarenakan cara pembuatan kerupuk melarat tidak digoreng menggunakan minyak goreng melainkan menggunakan pasir.

Hal tersebut karena tidak semua lapisan masyarakat Cirebon bisa mendapatkan minyak goreng untuk memasak karena harganya yang sangat mahal.

BACA JUGA:Polres Banjar Terima 15 Personel Bintara Baru, Pesan Khusus Kapolres Laksanakan Salat 5 Waktu Secara Berjamaah

Kesulitan ekonomi itu pada akhirnya memaksa masyarakat Cirebon untuk melakukan inovasi yaitu mengganti minyak goreng dengan pasir bersih yang dituangkan ke dalam penggorengan.

Dengan demikian, kerupuk melarat ini tidak digoreng menggunakan minyak goreng melainkan disangrai menggunakan pasir bersih.

Namun perlu diketahui, pasir yang digunakan untuk menyangrai kerupuk melarat tidaklah sembarangan. Pasir tersebut berasal dari pegunungan yang telah melewati proses pengayakan dengan benar.

Sesudah diajak pasir tersebut kemudian dijemur agar kering dan bersih. Selanjutnya barulah pasti tersebut digunakan sebagai pengganti minyak goreng.

BACA JUGA:KCD XII Angkat Bicara Soal 12 Siswa Terlibat Geng Motor Pengeroyok 2 Pejalan Kaki di Kota Tasikmalaya

Selain disangrai menggunakan pasir, ciri khas unik pada kerupuk melarat adalah warnanya yang beraneka ragam. Adapun bahan dasar kerupuk melarat ini yaitu tepung tapioka dengan campuran bawang putih, ketumbar, gula, garam, dan terasi.

Meskipun pada awalnya kerupuk melarat merupakan camilan masyarakat kelas bawah, kini camilan legendaris khas Cirebon ini mudah ditemukan di wilayah Cirebon dan menjadi camilan yang banyak disukai orang.

Menariknya lagi, kerupuk melarat yang menjadi camilan khas Cirebon telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) pada tahun 2023. Camilan kerupuk melarat telah menambah budaya nasional asal Jawa Barat yang patut dilestarikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disparbud jabar