Gunung Tangkuban Parahu Jadi Destinasi Wisata di Jawa Barat yang Kental dengan Kisah Legenda, Ini Ceritanya

Gunung Tangkuban Parahu Jadi Destinasi Wisata di Jawa Barat yang Kental dengan Kisah Legenda, Ini Ceritanya

Gunung Tangkuban Parahu jadi destinasi wisata di Jawa Barat yang kental dengan kisah legenda, ini ceritanya.-Disparbud Jabar-

Gunung Tangkuban Parahu Jadi Destinasi Wisata di Jawa Barat yang Kental dengan Kisah Legenda, Ini Ceritanya

BANDUNG, RADARTASIK.COM - Gunung Tangkuban Parahu menjadi destinasi wisata di Jawa Barat yang kental dengan kisah legenda. Gunung Tangkuban Parahu memiliki daya tarik wisata karena menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Cerita legenda Gunung Tangkuban Parahu masih viral hingga saat ini. Adanya cerita legenda Gunung Tangkuban Parahu ternyata menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya.

Cerita Gunung Tangkuban Parahu tidak lepas dari kisah Sangkuriang. Konon katanya, Gunung Tangkuban Parahu tercipta karena kemarahan Sangkuriang yang gagal menikahi Dayang Sumbi.

Dalam cerita legenda itu, Sangkuriang tidak mengetahui bahwa Dayang Sumbi merupakan ibu kandungnya sendiri. Sangkuriang menginginkan untuk menikah dengan Dayang Sumbi dalam waktu yang dekat.

BACA JUGA:HORE, Persib Kedatangan 3 Pemain Baru untuk Level Junior, Jadi Calon Bintang Masa Depan

Namun keinginan Sangkuriang itu tak tercapai setelah Dayang Sumbi memberi syarat kepadanya. Dayang Sumbi meminta Sangkuriang agar membuat sebuah perahu dan telaga yang harus selesai dalam satu malam dengan membendung Sungai Citarum.

Upaya Sangkuriang dalam membuat perahu dan telaga itu nyaris berhasil, namun Dayang Sumbi berhasil menggagalkan usahanya dengan membuat waktu seolah-olah sudah pagi.

Karena usahanya untuk menikahi Dayang Sumbi gagal, Sangkuriang marah dengan menendang perahu yang dibuatnya. Secara ajaib, perahu itu akhirnya berubah menjadi sebuah gunung yang dikenal sebagai Gunung Tangkuban Parahu.

Terlepas dari kisah legenda itu, Gunung Tangkuban Parahu memiliki keindahan alam yang luar biasa. Gunung yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat ini memiliki udara yang segar dan sejuk.

BACA JUGA:Pemain-Pemain Persib Ini Layak Dimainkan Regular di Piala Indonesia 2024, Mereka Idola Bobotoh

Destinasi wisata di Jawa Barat yang kental dengan kisah legenda

Selain Gunung Tangkuban Parahu, beberapa destinasi wisata di Jawa Barat memiliki cerita-cerita legenda yang masih viral hingga saat ini.

Daerah-daerah di Jawa Barat dikenal memiliki cerita-cerita legenda yang membalut destinasi wisata. Keunikan alam dan budaya itu justru menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disparbud jabar