Info CASN 2024, Apakah Formasi Calon Hakim Pada Rekrutmen CASN 2024 Akan Dibuka? Ini Penjelasan Menteri PANRB

Info CASN 2024, Apakah Formasi Calon Hakim Pada Rekrutmen CASN 2024 Akan Dibuka? Ini Penjelasan Menteri PANRB

Info CASN 2024, apakah formasi calon hakim pada rekrutmen CASN 2024 akan dibuka? Ini penjelasan Menteri PANRB.-menpan.go.id-

Info CASN 2024, Apakah Formasi Calon Hakim Pada Rekrutmen CASN 2024 Akan Dibuka? Ini Penjelasan Menteri PANRB

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Kementerian PANRB dan Mahkamah Agung (MA) berencana untuk mengadakan formasi calon hakim pada rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024.

Pengadaan calon hakim pada CASN 2024 mendatang bertujuan untuk mengisi kebutuhan hakim yang berasal dari pegawai negeri sipil (PNS).

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan calon hakim menjadi salah satu kebutuhan yang akan dipenuhi pada CASN 2024.

Menurut Anas, tidak ada seleksi calon hakim secara besar-besaran beberapa waktu menjadi pertimbangan Kementerian PANRB untuk menyediakan formasi calon hakim pada rekrutmen CASN 2024.

BACA JUGA:Aktivitas Gunung Salak Terkini, Ini Potensi Bahaya dan Rekomendasi Badan Geologi

"Maka ini menjadi pertimbangan dari Kementerian PANRB untuk menyediakan formasi untuk calon hakim tahun 2024," jelas Anas, Kamis 14 Desember 2023 di Jakarta.

Anas menjelaskan rekrutmen hakim diseleksi dari calon hakim yang berasal dari Analisis Perkara Peradilan yang sudah diangkat menjadi PNS dari penetapan kebutuhan CPNS, serta telah memenuhi kualifikasi sebagai calon hakim di lingkungan Mahkamah Agung.

Anas menyampaikan rekrutmen calon hakim tahun 2024 sama seperti tahapan rekrutmen CASN pada umumnya yang dimulai dari perencanaan kebutuhan hingga pengangkatan sebagai hakim.

"Namun untuk menjadi hakim tentu dilakukan uji kompetensi kembali oleh Mahkamah Agung," tambah Anas.

BACA JUGA:Kalahkan Persib di Laga Terakhir, Persik Kediri Pasang Target Menang Saat Lawan PSM Makassar

Mengutip website resmi menpan.go.id, kebutuhan formasi hakim di lingkungan Mahkamah Agung mencapai puluhan ribu yang terdiri dari hakim peradilan umum, hakim peradilan agama, dan hakim peradilan tata usaha negara, serta ASN yang terdiri dari PNS dan PPPK.

Atas pertimbangan tersebut, Menteri PANRB dan Mahkamah Agung berencana untuk membuka formasi calon hakim pada CASN 2024.

Dijelaskan Anas, pemenuhan ASN di tahun 2024 mendatang tetap memprioritaskan pada pengadaan kebutuhan ASN untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: