Waspada Daerah Tetangga! Kasus Suspek Cacar Monyet Ditemukan di Kabupaten Garut

Waspada Daerah Tetangga! Kasus Suspek Cacar Monyet Ditemukan di Kabupaten Garut

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Leli Yuliani. agi sugiana / radar tasikmalaya--

Waspada Daerah Tetangga! Kasus Suspek Cacar Monyet Ditemukan di Kabupaten Garut

GARUT, RADARTASIK.COM - Kasus cacar monyet yang saat ini sudah ditemui di beberapa wilayah Indonesia menjadi perhatian khusus pemerintah.

Tak terkecuali pemerintah daerah Kabupaten Garut yang telah melakukan berbagai upaya antisipasi agar kasus ini tidak terjadi di wilayahnya.

Namun, kasus cacar monyet ini mulai masuk ke Kabupaten Garut. Daerah tetangga seperti Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya dan sekitarnya harus ekstra waspada.

BACA JUGA:Tol Getaci akan Tembus 4 Kecamatan 20 Desa di Kabupaten Ciamis, Warganya Siap Saja Langsung Tajir

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Garut, Leli Yuliani membenarkan hal itu. Kata dia, kasus suspek cacar monyet di Kabupaten Garut telah ada dan terdeteksi menjangkiti satu orang.

"Kasus cacar monyet di Kabupaten Garut sekerang ada. Satu kasus," katanya, Senin 6 November 2023.

Terang dia, satu orang ini yang terkena cacar monyet ini baru suspek atau dugaan. Karena harus diperiksa di laboratorium terlebih dahulu untuk membuktikan kebenarannya.

"Satu kasus ini masih suspek. Untuk memastkkannya harus diuji laboratorium. Baru kecurigaan, suspek," terangnya.

BACA JUGA:Sakit Hati saat Main Bareng, Bocah di Kabupaten Garut Tega Bunuh Temannya

Leli menambahkan, cacar monyet ini sebetulnya hampir sama dengan cacar biasa. Hanya saja pada gejalanya orang yang menderita cacar monyet ada pembengkakan kelenjar getah bening.

Untuk gejalanya sendiri memang seperti cacar pada umumnya. "Keluhannya hampir sama yaitu demam, lemas, nyeri otot, dan ada benjolan cairan seperti cacar pada umumnya," tambahnya.

Ia mengungkapkan jika cacar monyet ini adalah penyakit atau virus yang menular. "Dulu kan penularannya dari hewan, sekarang sudah terjadi antara manusia dengan manusia," jelasnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada apabila ada hewan yang sakit tidak hanya monyet, tapi hewan yang lainnya juga. Kemudian hindari pasien yang bergejala cacar jangan sampai bersentuhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: