Tim Dosen Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Melaksanakan PKM di Kelurahan Sumelap

Tim Dosen Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Melaksanakan PKM di Kelurahan Sumelap

Tim Dosen Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya melaksanakan Pengabdian Kemitraan Masyarakat di Kelurahan Sumelap Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.-Istimewa-

Tim Dosen Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Melaksanakan PKM di Kelurahan Sumelap

RADARTASIK.COM – Tim Dosen Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya melaksanakan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kelurahan Sumelap Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya sejak Agustus hingga Oktober 2023.

PKM kali ini mengambil tema Pemberdayaan Suami dan Keluarga sebagai Pendamping Persalinan Dalam Upaya Meningkatkan Pengalaman Persalinan yang Positif bagi Ibu Bersalin di Wilayah Kelurahan Sumelap Kota Tasikmalaya.

Tim Dosen Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya yang melaksanakan PKM kali ini antara lain Dita Eka Mardiani, SST, MKeb dan Dr Hj Yati Budiarti, SST, MKeb dan mahasiswa.

BACA JUGA: Kenapa Persib Begitu Yakin Raih Poin dari Kandang Borneo FC? Ini Jawabannya dari Pemain Asal Belanda

Kegiatan ini bertujuan untuk mengupayakan solusi permasalahan pada mitra dalam pemberdayaan suami dan keluarga sebagai pendamping persalinan untuk meningkatkan pengalaman yang positif pada masa persalinan.

Selain itu untuk mewujudkan program kesehatan ibu dan anak serta meningkatkan kemandirian dan perilaku masyarakat dalam persiapan persalinan.

Metode pelaksanaan kegiatan melalui ceramah diskusi dan simulasi. Sasarannya adalah suami/keluarga/orang yang berencana menjadi pendamping persalinan ibu. Target capaian kegiatan di antaranya pemberdayaan pendamping persalinan melalui Kelas Suami Keluarga.

Tim Dosen Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya memilih Kelurahan Sumelap sebagai sasaran PKM dengan alasan berdasarkan data Dinkes Kota Tasikmalaya jumlah kematian ibu masih tinggi.

BACA JUGA: Bersyukur! Indonesia Dapat 20.000 Tambahan Kuota Haji 2024, Simak Skema Baru Syarat Istitha’ah Kesehatan

Tingginya jumlah kematian ibu tidak terlepas dari berbagai faktor penyebab. Berdasarkan analisis dari staf Dinkes Kota Tasikmalaya, salah satu faktor penyebab tingginya jumlah kematian ibu adalah kurang optimalnya program Maternal Preparation Kelas Ibu Hamil dari mulai kehamilan, persalinan sampai dengan nifas.

Masih kurang optimalnya peran suami dan keluarga saat persalinan juga menjadi permasalahan di daerah tersebut.

Karena itu, Tim Dosen Kebidanan berupaya melakukan pemecahan masalah yang merupakan salah satu arah dan bentuk kerja program Pemberdayaan Suami dan Keluarga Sebagai Pendamping Persalinan dalam upaya meningkatkan pengalaman persalinan yang positif  bagi ibu bersalin dilakukan dengan melakukan metode  pemberdayaan secara partisipatif.

Selam melaksanakan PKM, Tim Dosen Kebidanan melakukan analisa kebutuhan sebelum melaksanakan program, pertemuan kelas persiapan pendamping persalinan dilakukan 3 kali pertemuan sesuai dengan kesepakatan dengan peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: