Mitos Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun, Berikut Fakta dan Penjelasannya

Mitos Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun, Berikut Fakta dan Penjelasannya

Mitos Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun, Berikut Fakta dan Penjelasannya - RADARTASIK.COM--

Dr. Sri Margana dari Universitas Gajah Mada berpendapat bahwa penjajahan dimulai pada tahun 1800 setelah VOC bangkrut. 

Di sisi lain, Dr. Lilie Suratminto dari Universitas Indonesia menghitung masa penjajahan murni oleh Belanda dari tahun 1800 hingga 1942, selama 142 tahun.

BACA JUGA:Malam Ini Nostalgia 23 Tahun Dewa 19 Konser di Kota Tasikmalaya, Dirindukan Baladewa dan Bakal Spektakuler!

Ir. Soekarno dan Semangat Perjuangan

Istilah 350 tahun penjajahan mungkin berasal dari orasi Ir. Soekarno. Meskipun ada perbedaan pendapat tentang durasi penjajahan, semangat Ir. Soekarno mencerminkan tekad bangsa Indonesia untuk melawan penindasan.

Dalam menggali sejarah penjajahan Belanda di Indonesia, penting untuk memahami konteks sejarah, fakta historis, dan interpretasi berbagai sumber. 

Meskipun perdebatan tentang durasi penjajahan masih berlanjut, kekuatan semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penindasan tetap menjadi inti dari sejarah perjuangan bangsa ini.

Dengan menggali mitos dan fakta seputar penjajahan Belanda di Indonesia, kita memperkuat identitas nasional kita dan menghormati perjuangan para pahlawan yang telah melawan penindasan. 

Semangat perjuangan ini tetap menjadi inspirasi bagi generasi masa kini untuk menjaga kebebasan dan kedaulatan Indonesia.

Artikel ini pernah terbit di radarmukomuko.disway.id dengan judul: Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun Ternyata Mitos, Begini Fakta dan Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: