Warga Bojonggambir Tasikmalaya Turun Tangan Perbaiki Jalan Rusak dengan Pasir Sungai saat Kemarau

Warga Bojonggambir Tasikmalaya Turun Tangan Perbaiki Jalan Rusak dengan Pasir Sungai saat Kemarau

Warga Desa Bojongkapol, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya gotong-royong melakukan perbaikan jalan, Kamis 12 Oktober 2023. Istimewa--

Warga Bojonggambir Tasikmalaya Turun Tangan Perbaiki Jalan Rusak dengan Pasir Sungai saat Kemarau

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Warga Desa Bojongkapol, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya di perbatasan Tasikmalaya Selatan dan Garut Selatan, mengambil inisiatif sendiri untuk memperbaiki jalan desa yang rusak parah.

Jalan tersebut kabarnya tidak pernah mendapatkan sentuhan perbaikan dari pemerintah daerah.

Ketika musim kemarau yang menyebabkan air sungai surut ini, puluhan warga bekerja keras menggunakan batu dan pasir sungai untuk memperbaiki jalan mereka. 

BACA JUGA:DOF, Band Pelajar SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Jawara Festival Smart 23.0

Mereka dengan tekun membawa karung berisi pasir dan batu dari pinggir sungai ke jalan untuk proses pengecoran, tanpa bantuan pemerintah.

"Kami harus berjalan sekitar 3 kilometer dari sungai ke jalan untuk mengangkut pasir dan batu," ujar Asid, seorang tokoh masyarakat setempat, Kamis 12 Oktober 2023.

"Ini sudah menjadi keputusan kami karena jalan rusak parah dan tidak ada perbaikan dari pemerintah," sambungnya.

Ironisnya, setiap tahunnya, desa ini menerima anggaran dana yang cukup besar, namun perbaikan jalan masih belum terwujud. 

BACA JUGA:Demi Misi Juara, Persib Gembleng Pemain Berlabel Timnas Indonesia, Langsung Ditangani Bojan Hodak

Karena keadaan jalan yang semakin memburuk dan berbahaya bagi pengendara, warga memutuskan untuk bergerak secara swadaya.

Zaenal, warga setempat lainnya, telah aktif dalam upaya perbaikan selama 5 hari ini. 

"Musim hujan akan menjadi ancaman besar karena jalan bisa sangat licin, terutama bagi anak sekolah. Kami telah mengumpulkan dana sendiri, membeli semen, dan mengambil bahan-bahan dari sungai. Kami secara bertahap memperbaiki jalan ini, dari pemadatan hingga pengecoran," tuturnya.

Jalan Lingamanik di Kedusunan Linggamanik, yang merupakan bagian dari Desa Bojongkapol Kecamatan Bojonggambir, pernah dibangun pada tahun 2017 melalui program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: