ASYIK Harga Beras Medium Turun, Harga Beras Tertinggi Bukan di Jakarta

ASYIK Harga Beras Medium Turun, Harga Beras Tertinggi Bukan di Jakarta

Alhamdulillah harga beras medium turun. Harga beras tertinggi bukan di Jakarta tetapi di Papua.-Badan Pangan Nasional-

BACA JUGA: Ini Rincian Alat-Alat yang Dipersiapkan Polisi untuk Pengamanan Pemilu 2024 di Tasikmalaya

Sementara itu, per 10 Oktober 2023, harga rata-rata beras sebesar Rp 12.833 per kg atau menurun 2,9 persen dari bulan September 2023 yang mencapai Rp 13.222 per kg.

Khusus harga beras IR64 sudah turun 11% ke angka Rp 11.200 per kg dan diperkirakan akan kembali turun seiring dengan peningkatan suplai beras medium ke PIBC Jakarta.

Selain memenuhi pasokan beras SPHP ke pasar-pasar, Badan Pangan menggelontorkan beras komersil milik Perum Bulog ke penggiling padi guna mempercepat distribusi beras dan mendorong terpenuhinya kebutuhan beras.

Pemerintah juga menggelontorkan bantuan pangan beras untuk 21,353 juta masyarakat berpendapatan rendah untuk menjaga daya beli masyarakat dan menekan kenaikan harga beras.

BACA JUGA: Dihujani Ribuan Roket Hamas, Israel Jadi Lautan Api, Amerika Langsung Kirimkan Mesin Perang Ini

Per tanggal 9 Oktober 2023, realisasi penyaluran bantuan pangan beras tahap II untuk bulan September 2023 telah mencapai 200.000 ton atau 99,62%.

Untuk menjaga stok CBP, kata pria yang saat ini mengemban amanah sebagai Plt Menteri Pertanian, pemerintah akan menambah jumlah impor beras sebanyak 1,5 juta ton.

Arief mengatakan penambahan impor tersebut dalam rangka mengantisipasi penurunan produksi sebagai dampak El-Nino.

Impor beras juga untuk mengamankan stok beras cadangan bantuan pemerintah (CBP) yang saat ini terus dinamis penyalurannya mengintervensi stabilitas beras di pasaran.

BACA JUGA: Akhirnya, Kawasaki Z125 Pro 2024 Nongol, Yuk Cek Harga dan Spesifikasinya

Per 11 Oktober 2023, stok CBP di Bulog mencapai 1,6 juta ton. Sementara penyaluran beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) mencapai 821.000 ton. Dengan penambahan impor, beras CBP diperkirakan cukup hingga akhir tahun 2023.

Arief menyebut berbagai upaya untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga beras telah dikerjakan. Pemenuhan stok CBP bersama Bulog akan terus dilakukan untuk menjaga stabilitas beras nasional hingga tahun depan sesuai arahan Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: