Milenial Harus Tahu, Ini 5 Pahlawan Nasional Indonesia dari Papua, Peran Mereka Luar Biasa Besar

Milenial Harus Tahu, Ini 5 Pahlawan Nasional Indonesia dari Papua, Peran Mereka Luar Biasa Besar

Frans Kaisiepo pahlawan nasional dari Papua. Foto: Ist/rm--

Silas Papare mendapatkan gelar Pahlawan Nasional pada 14 September 1993 berdasarkan Surat Keputusan Presiden No.77/TK/1993.

Silas Papare berjuang dalam penyatuan Irian Jaya (Papua) ke dalam wilayah Indonesia yang saat itu hendak dipisahkan oleh Belanda.

Peran Silas Papare luar biasa dalam mengintegrasikan Papua ke Indonesia.

Silas Papare mendirikan Badan Perjuangan Irian di Yogyakarta sebagai upaya membantu pemerintah Republik Indonesia dalam memasukkan wilayah Irian Barat ke wilayah RI pada bulan Oktober 1949 di Yogyakarta.

Presiden Soekarno memilih Silas Papare agar bergabung dalam salah satu delegasi dari Papua dalam New York Agreement yang ditandatangani pada 15 Agustus 1962.

Silas Papare lalu diangkat menjadi anggota MPRS (Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara) setelah penyatuan Irian Barat dengan RI.

Atas jasa-jasanya, Silas Papare diabadikan dalam beberapa tempat seperti Monumen Silas Papare di dekat pelabuhan Serui, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik (STISIPOL) Silas Papare di Jalan Diponegoro, Jayapura dan diabadikan dalam Kapal Perang Korvet kelas Parchim TNI AL KRI Silas Papare dengan nomor 386. Luar biasa Pahlawan!

Berita ini telah tayang di radarmukomuko.disway.id dengan judul, 5 Pahlawan Nasional Dari Papua Rela Tumpah Darah Demi Kemerdekaan, Sosoknya Diabadikan Pada Uang Indonesia

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: