Kenali Apa Itu Lane Hogger di Jalan Tol Sekaligus Bahayanya

Kenali Apa Itu Lane Hogger di Jalan Tol Sekaligus Bahayanya

Mengenal lane hogger di jalan tol sekaligus bahayanya.-Ilustrasi/BPJT-

Kenali Apa Itu Lane Hogger di Jalan Tol Sekaligus Bahayanya

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Anda pernah menemukan pengemudi yang melajukan kendaraannya secara statis di lajur kanan jalan tol?

Atau secara sadar dan tidak, mungkin malah Anda sendiri yang pernah melakukan tindakan seperti itu di jalan bebas hambatan?

Jika ya, itulah yang disebut lane hogger.

BACA JUGA: PENGUMUMAN Saldo OVO Gratis Akan Dibagikan Bagi Pengguna OVO Premier, Simak Cara Mengumpulkannya

Jadi, lane hogger merupakan kegiatan mengemudi di jalan tol yang melajukan kendaraannya secara statis atau tetap di lajur kanan dan tidak menambah kecepatannya.

Lane hogger sangat membahayakan pengendara lain, menyebabkan kecelakaan dan sangat mengganggu lalu lintas. Karena itulah lane hogger sangat dilarang.

Perlu diingat bahwa lajur paling kanan jalan tol dibuat hanya bagi kendaraan yang melaju untuk mendahului kendaraan lain.

Sehingga, pengemudi yang berada di lajur paling jalan tol kanan harus segera kembali ke lajur awal setelah menyalip atau mendahului kendaraan lain.

BACA JUGA: Gawat, Sudah Resmi 5 Pemain Akan Tinggalkan Persib, sehingga Persib Terancam Keropos Usai Hadapi Persija

Bagaimana jika Anda bertemu pengemudi lane hogger di jalan tol?

Anda jangan melakukan tindakan yang membahayakan lane hogger. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah Anda disarankan memberikan isyarat lampu kedip atau membunyikan klakson dengan tetap berkendara secara tenang.

Hal kedua, Anda bisa menghindarinya dengan menggunakan jalur tengah agar pengemudi tersebut dapat mencontoh perilakunya yang salah saat berkendara, jika keadaan lane hogger masih belum berubah.

Perlu diingat pula bahwa ketika berada di jalan tol, pengendara harus tetap menjaga jarak aman dengan batas kecepatan berkendara yang sesuai aturan dan memantau kondisi lalu lintas sekitar dengan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: