Resmi Dibuka Sayembara Desain Batik Haji Indonesia

Resmi Dibuka Sayembara Desain Batik Haji Indonesia

Kementerian Agama resmi membuka Sayembara Desain Batik Haji Indonesia mulai hari ini.-Kemenag-

Resmi Dibuka Sayembara Desain Batik Haji Indonesia

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Resmi dibuka sayembara desain batik haji Indonesia oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama.

Sayembara desain batik haji Indonesia untuk operasional haji 1445 H/2024 M terbuka bagi desainer, perancang busana dan pihak yang berminat mengikuti dalam sayembara.

Dirjen PHU Hilman Latief di Jakarta menjelaskan motif seragam batik yang dikenakan jemaah Indonesia pada operasional haji sekarang sudah digunakan sejak 2011.

BACA JUGA: DPRD Kabupaten Tasikmalaya Meminta Pemerintah Siapkan Infrastruktur Pengairan Jelang Musim Kemarau

Karena itu, ia memandang perlu dilakukan penyegaran dengan motif baru yang lebih inovatif, mencerminkan kultur, budaya dan identitas Indonesia.

Pembuatan desain batik jemaah haji Indonesia dilakukan melalui sayembara dengan maksud untuk mengajak keterlibatan publik.

Pendaftaran Sayembara Desain Batik Haji Indonesia dibuka secara online melalui aplikasi Pusaka Kemenag yang dapat diunduh melalui playstore, appstore atau tautan pusaka.Kemenag.go.id.

Pendaftaran dibuka mulai hari ini, Jumat 25 Agustus 2023 sampai 5 September 2023 pukul 16.00 WIB.

BACA JUGA: Formasi 11 Pemain Inti Persib Lawan RANS Nusantara FC dalam Prediksi, Mantan Timnas Brasil Dimainkan?

Dalam sayembara ini, ada lima dewan juri yang diketuai Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Eny Retno Purwaningtyas.

Sedangkan 4 dewan juri lainnya adalah Ketua Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia (APPBI) Komaruddin Kudiya, Desainer atau Perancang Busana Irna Mutiara, Desainer atau Perancang Busana Monika Jufry dan Desainer atau Perancang Busana dan Akademisi Yufie Safitri Sobari.

Pemenang sayembara akan diumumkan pada 2 Oktober 2023 atau bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Pada musim haji 1445 H/2024 M, seragam batik yang baru ini diharapkan sudah bisa digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: