Kisah Inspiratif Mak Eroh Mulai ‘Mendunia’, Warisan ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya

Kisah Inspiratif Mak Eroh Mulai ‘Mendunia’, Warisan ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya

Cuplikan kisah inspiratif Mak Eroh sebagai warisan ‘harta karun’ dari Tasikmalaya yang ditulis dalam sebuah blog internasional.-Foto: tangkapnalayar-

Kisah Inspiratif Mak Eroh Mulai ‘Mendunia’, Warisan ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya 

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Bila kita berjalan-jalan di Kota Tasikmalaya, ada beberapa lokasi yang selalu ramai dijadikan tempat beraktivitas oleh masyarakat.

Tempat itu letaknya ada di Jalan Otto Iskandardinata. Tempat tersebut salah satu tempat yang memiliki cerita sejarah dari jaman ke jaman.

Beberapa kali direnovasi bahkan juga dibangun dengan berbagai desain. Namun fungsinya tetap sama yaitu sebagai alun-alun, tepat berkumpulnya masyarakat untuk beraktivitas. Ada yang berolahraga, ada yang duduk santai, ada juga yang berniaga untuk mencari nafkah.

BACA JUGA:PMI Turun Tangan Bantu Warga Tamansari Kota Tasikmalaya yang Dilanda Kekeringan

Mungkin kebanyakan orang saat ini, tidak menyadari bila alun-alun Kota Tasikmalaya memiliki nilai histori yang tinggi. Lokasinya tepat di depan Pendopo Bupati Tasikmalaya, memiliki cerita tersendiri kenapa alun-alun Tasikmalaya ada di sana.

Tulisan ini sebetunya bukan ingin menceritakan nilai histori dari alun-alun Tasikmalaya. Tapi ada kisah inspiratif yang tersimpan tepat di tengah alun-alun Tasikmalaya.

Benda ini bisa dibilang sebagai salah satu ‘harta karun’ dari Tasikmalaya. Kenapa tidak, benda bersejarah ni merupakan salah satu simbol untuk mengingaktkan kita pada perjuangan seorang ibu yang membangun sebuah teknologi dengan menggunakan peralatan seadanya.

Tidak salah bila, benda ini disebut sebagai ‘harta karun’ dari Tasikmalaya Benda yang satu ini adalah sebuah patung menjulang tinggi seorang perempuan dan seorang laki-laki.

BACA JUGA:Jelang ke “Benua Kangguru”, Dr Aqua Dwipayana Sempatkan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Rakernas Gokasi

Bila kita bertanya pada pengunjung alun-alun, tidak semua mampu menjawab dan tahu siapa sosok patung tersebut? Mengapa patung tersebut berada di sana, dan telah dilakukan renovasi terhadap patung tersebut?

Benda tersebut adalah patung Mak Eroh dan suaminya Abdul Rojak. Kisah inspiratif Mak Eroh, yang tersirat dalam ‘harta karun’ dari Tasikmalaya berupa patung, kini mulai mendunia. Ditulis dalam sebuah blog internasional oleh mahasiswa asal Indonesia.

Seorang mahasiswa S3 dari University College London (UCL), bernama Elza, begitu tertarik dengan kisah inspiratif yang ada di balik ‘harta karun’ dari Tasikmalaya ini. Tidak hanya sebatas tertarik saja, tapi Elza juga merasa bangga bahwa di tanah kelahirannya di Indonesia sebetulnya telah ditemukan teknologi-teknologi luar biasa seperti yang diciptakan Mak Eroh dari Tasikmalaya, kala itu.

Kisah inspiratif Mak Eroh yang membuat sebuah saluran air dari atas gunung, untuk bisa mengalir ke pemukiman warga, adalah satu karya yang lupa biasa dan menjadi kisah inspiratif untuk anak-anak generasi muda saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: