Optimalkan Pengelolaan Sampah di TPA Ciangir, Pemerintah Kota Tasikmalaya Dapat Bantuan Truk Sampah dari bjb

Optimalkan Pengelolaan Sampah di TPA Ciangir, Pemerintah Kota Tasikmalaya Dapat Bantuan Truk Sampah dari bjb

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah menerima CSR truk sampah dari bjb di TPA Ciangir, kemarin Senin 21 Agustus 2023. istimewa --

Optimalkan Pengelolaan Sampah di TPA Ciangir, Pemerintah Kota Tasikmalaya Dapat Bantuan Truk Sampah dari bjb

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah mengatakan, berbicara tentang lingkungan tentu tidak terlepas dari upaya pengelolaan sampah.

Bahkan negara atau wilayah maju sekalipun tidak ada yang lepas dari masalah sampah. Sebab bicara sampah bukan hanya berbicara tentang anggaran.

Maka dari itu Pemerintah Kota Tasikmalaya terus melakukan langkah kolaborasi untuk mengoptimalkan pengelolaan sampah, khususnya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ciangir, Tamansari. 

BACA JUGA:Truk Tabrak Truk di Jalan RE Martadinata, Tasikmalaya Lalu Lintas Sempat Tutup Buka

"Kemarin (Senin 21 Agustus 2023, Red) merupakan bukti nyata dari sebuah kolaborasi yang mungkin mudah untuk diucapkan namun sulit untuk dilaksanakan," ujar Cheka kepada wartawan, Selasa 22 Agustus 2023.

Terang Cheka, bjb yang merupakan BUMD kebanggaan masyarakat Jawa Barat melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) menyerahkan 1 unit truk sampah kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Setelah kurang lebih dua pekan yang lalu, bjb juga telah menyerahkan 10 unit kontainer sampah yang telah didistribusikan ke lokai-lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di wilayah Kota Tasikmalaya.

"CSR berupa unit truk sampah ini bukan tanpa alasan. Hal ini merupakan upaya bersama dalam mengembalikan citra Kota Tasik sebagai Kota Resik," terangnya.

BACA JUGA:Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto: Kemerdekaan Mengajarkan Perjuangan dan Tanggung Jawab

Beber Cheka, sekitar 8 bulan yang lalu sebelum dibentuknya Satgas Tasik Resik, keberadaan TPS liar begitu banyak dan ditemukan di wilayah Kota Tasikmalaya jumlahnya kurang lebih 48 titik TPS liar. 

"Dengan kolaborasi yang melibatkan seluruh unsur, baik perangkat daerah, TNIdan Polri serta elemen masyarakat, Alhamdulillah sekarang tersisa 5 TPS liar dan kedepan kita harapkan Kota Tasikmalaya akan 100 persen terbebas dari keberadaan TPS liar," bebernya.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, tambah Cheka, dalam satu hari penduduk Kota Tasikmalaya menghasilkan sampah sebanyak 315,11 Ton sampah, dengan jumlah sampah yang terkelola sebanyak 80,53 persen atau sekitar 253,76 ton. 

"Sisanya sebanyak 61.35 ton tidak terkelola sehingga menyebabkan banyaknya timbunan sampah di Kota Tasikmalaya seiring banyaknya jumlah TPS liar," tambah Cheka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: