Rahasia 4 Materi Soal Tes CPNS dan CPPPK 2023 Sudah di Tangan Kementerian PAN RB

Rahasia 4 Materi Soal Tes CPNS dan CPPPK 2023 Sudah di Tangan Kementerian PAN RB

Suasana serah terima naskah soal tes CPNS dan CPPPK 2023 di Jakarta, Kamis 10 Agustus 2023.-Kementerian PAN RB-

Rahasia 4 Materi Soal Tes CPNS dan CPPPK 2023 Sudah di Tangan Kementerian PAN RB

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Penyusunan naskah soal tes CPNS dan CPPPK 2023 sudah rampung pekan lalu.

Saat ini naskah soal ujian CASN 2023 sudah berada di tangan Kementerian Kementerian PAN RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi).

Naskah soal ujian CASN 2023 diserahkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Jakarta, Kamis 10 Agustus 2023.

BACA JUGA: Warisan ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Ini Diincar Para Pecinta Batu Mulia, Harganya Mencapai Miliaran Rupiah

Naskah soal tes CPNS dan CPPPK 2023 diserahkan Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemendikbudristek Ambar Musyarifah kepada Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan dan Pengadaan SDM Kementerian PAN RB Aba Subagja.

Serah terima naskah soal tes CPNS dan CPPPK 2023 dihadiri unsur Panitia Seleksi Nasional dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Naskah soal seleksi CASN 2023 yang diserahkan meliputi soal seleksi kompetensi manajerial, soal sosial kultural, soal wawancara bagi CPPPK dan soal seleksi kompetensi dasar bagi CPNS.

Penyusunan naskah soal tersebut melibatkan 173 penulis dari 35 perguruan tinggi dan lembaga.

BACA JUGA: ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Dikirim ke Jepang, Mirip Merah Delima Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun Silam

Penyusunan naskah soal seleksi tersebut juga melalui beberapa tahapan. Salah satunya proses telaah bahasa oleh para ahli bahasa.

Telaah bahasa dilakukan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memastikan bahwa soal yang disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa yang baik dan benar.

Keseluruhan proses penyusunan soal, mulai dari penyusunan kisi-kisi hingga telaah bahasa telah menggunakan sistem pengamanan teknologi yang ketat yang digawangi oleh BSSN serta diawasi oleh Kementerian PANRB, BKN, BRIN dan BPKP.

Hal ini sangat penting dilakukan Panselnas untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dan kebocoran soal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: