Warisan ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Ini Diincar Para Pecinta Batu Mulia, Harganya Mencapai Miliaran Rupiah

Warisan ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Ini Diincar Para Pecinta Batu Mulia, Harganya Mencapai Miliaran Rupiah

Bongkahan batu merah atau Jasper Merah yang merupakan warisan ‘harta karun’ dari Tasikmalaya.-Foto:tangkapanlayar/dok peneliti vinki ari permana-

WarisanHarta Karun’ dari Tasikmalaya Ini Diincar Para Pecinta Batu Mulia, Harganya Mencapai Miliaran Rupiah

KAB. TASIK, RADARTASIK.COM - Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya harus berbangga, memiliki warisan ‘harta kartun’ yang tersimpan sejak puluhan juta tahun lalu. 

Namanya batu merah atau terkenal dengan batu Jasper Merah.

Dari hasil beberapa penelitian oleh para pakar dan ahli, batu merah atau Jasper merah yang menjadi ‘harta karun’ dari Tasikmalaya ini banyak diincar oleh para pecinta batu mulia

BACA JUGA:Bawa RAM 24GB! Spesifikasi OnePlus Ace 2 Pro Diresmikan

Kandungan di dalam batu Jasper merah ini setara dengan batu mulia intan. Tak heran bila batu merah atau Jasper Merah ini diincar untuk dijadikan bahan perhiasan.

Bahkan pada saat tim Radar Tasikmalaya melakukan penelusuran di tahun 2015 lalu, batu merah atau Jasper Merah yang merupakan warisan ‘harta karun’ dari Tasikmalaya ini bisa laku hingga miliaran rupiah, setelah diolah.

Sayangnya, masyarakat saat ini tidak memiliki pengetahun dan pemahaman, sehingga batu merah atau Jasper Merah ini, ditambang secara ilegal dan dikirim ke Jepang juga Korea Selatan.

Beberapa hasil penelitian banyak menjelaskan tentang batu merah atau Jasper Merah ini. Ternyata tidak hanya berwarna merah saja, batu mulia yang mengendap dan menjadi warisan ‘harta karun’ dari Tasikmalaya ini juga ada yang berwarna kuning dan kecoklatan. Warna merah, kuning, dan kecoklatan ini menjadi warna dominan.

BACA JUGA:Disebut Kerajaan ‘Harta Karun’ dari Tasikmalaya Menyimpan Ratusan Ton Batu Merah, Sungguh Berharga!

Kekerasan batu merah atau Jasper Merah Tasikmalaya berada pada angka 6,5-7 pada skala mohs. Hampir setara dengan batu logam mulai intan yang memiliki kekerasan pada skala 1-10 pada skala Mohs.

Warisan ‘harta karun’ dari Tasikmalaya berupa batu merah atau Jasper Merah ini, bila dilihat menggunakan mikriskop terdiri dari berbagai kandungan mineral kristalin yang didominasi oleh kandungan mineral kuarsa sebanyak 85%, yang bentuknya disebit-sebut anhedral interlocking yang muncul sebagai massa dasar.

Batu merah atau Jasper Merah terbuat dari kuarsa mikro kristal in berwarna merah. Sedangkan untuk batu yang berwarna kuning terdiri dari kuarsa mikro kristalkan berwarna kuning.

Batu merah atau Jasper Merah yang merupakan warisan ‘harta karun’ dari Tasikmalaya ini terbentuk dari aktivitas gunung Merapi yang ada di puluhan abad lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: