Pentingnya Menerapkan Pendidikan Karakter untuk Anak di Sekolah Dasar

Pentingnya Menerapkan Pendidikan Karakter untuk Anak di Sekolah Dasar

Lilis Mulyatul Halimah, Mahasiswi S2 PGSD UPI Kampus Tasikmalaya-Foto: istimewa-

Pentingnya Menerapkan Pendidikan Karakter untuk Anak di Sekolah Dasar

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Pendidikan adalah suatu kegiatan untuk membentuk, mengarahkan dan juga mengatur manusia agar sesuai dengan cita-cita atau tujuan bangsa itu sendiri.

Dengan pendidikan akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang semakin maju. 

Dalam sistem pendidikan nasional dijelaskan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses belajar agar peserta didik secara aktif membangun potensi diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Oleh sebab itu pendidikan sangat penting bagi setiap manusia terutama di era globalisasi sekarang ini.

BACA JUGA:Bertugas di Negeri Dongeng, Ini Kisah Perjalanan 2 Guru SMAN 3 Kota Banjar Ikut Program BRIDGE Australia

Dalam pendidikan di sekolah dasar guru tidak hanya memberikan bekal ilmu pengetahuan saja tetapi guru juga bertanggung jawab untuk membangun kepribadian peserta didik sejak dini yaitu dengan penerapan pendidikan karakter untuk anak di Sekolah Dasar. 

Pengertian Karakter diartikan sebagai tanda atau ciri khusus yang melekat pada diri seseorang atau keadaan moral seseorang.

Dalam era globalisasi saat ini pengaruhnya pada aspek kehidupan sangat berdampak salah satunya dalam pendidikan.

Pada era globalisasi ini menjadi perhatian khusus berkaitan dengan karakter peserta didik, contohnya seperti peserta didik yang kurang dalam sopan santun, kedisiplinannya, dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA:Mudah & Suku Bunga Kompetitif, 10 Menit Ajukan Pinjaman dengan BRI Ceria

Pendidikan karakter yang diungkapkan oleh Thomas Lickona menetapkan ada 7 unsur-unsur karakter dasar yang harus ditanamkan kepada peserta didik di sekolah, meliputi:

1.Ketulusan hati/kejujuran

2.Belas kasih

3.Keberanian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: