16 Desa di Kabupaten Tasikmalaya Terima Bantuan Jalan Usaha Tani

16 Desa di Kabupaten Tasikmalaya Terima Bantuan Jalan Usaha Tani

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi didampingi Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto secara simbolis menyerahkan bantuan Jalan Usaha Tani kepada perwakilan kepala desa penerima bantuan.-Radika Robi Ramdani/Radar Tasikmalaya-

16 Desa di Kabupaten Tasikmalaya Terima Bantuan Jalan Usaha Tani

CIGALONTANG, RADARTASIK.COM – Sebanyak 16 desa di 4 kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya menerima bantuan Jalan Usaha Tani (JUT) dari Ditjen Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian.

Secara simbolis bantuan Jalan Usaha Tani diserahkan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi di halaman SDN Giriatikan Desa Cidugaleun Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, Jumat 28 Juli 2023.

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengucapkan terima kasih atas kedatangan Wakil Menteri Pertanian ke Kabupaten Tasikmalaya. Semua merasa bangga atas kedatangannya.

BACA JUGA: Proses Pembuatan Tauge, Terbuat Dari Tumbuhan Apasi? Simak Penjelasan Berikut

Ade menjelaskan secara geografis Kabupaten Tasikmalaya berada di kaki Gunung Galunggung. Kabupaten Tasikmalaya merupakan area pertanian yang cukup luas dan pegunungan yang membentang.

”Jadi secara otomatis antara pegunungan dan pertanian, area pertanian butuh irigasi dan irigasi bisa dialiri air dari pegunungan,” ujarnya.

Di Kabupaten Tasikmalaya, pihaknya mencetak sawah baru mencapai ratusan hektare. Dengan demikian, Kabupaten Tasikmalaya terhampar luas area persawahan. Kondisi ini berbeda dengan daerah lain.

Ade mengharapkan Kabupaten Tasikmalaya tetap bisa menjaga tanah dan sumber-sumber air demi kelangsungan hidup.

BACA JUGA: Anies Baswedan Sebut Kriteria Cawapresnya Harus Orang yang Berani, Ternyata Ini Alasannya

”Kami bangga menjadi orang Tasikmalaya. Sebab, di sini memiliki area pertanian yang baik berupa sumber air yang baik,” ucapnya.

Ade mengatakan seluas 300 hektare persawahan dicetak di Kabupaten Tasikmalaya. Meskipun masih banyak yang tradisional, namun produksi sangat luar biasa.

Ada sekitar 760 ribu ton penghasilan, sehingga Kabupaten Tasikmalaya menjadi salah satu sentra beras Jabar.

”Terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat kami. Saya bangga wamen bisa langsung hadir ke lokasi ini. Mudah-mudahan berkah,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: