Tragedi Kapal Tenggelam di Teluk Mawangsaka Tengah, Kelebihan Muatan dan Tidak Layak Angkut Penumpang

Tragedi Kapal Tenggelam di Teluk Mawangsaka Tengah, Kelebihan Muatan dan Tidak Layak Angkut Penumpang

Tragedi kapal tenggelam di Teluk Mawangsaka Tengah.--

Tragedi Kapal Tenggelam di Teluk Mawangsaka Tengah, Kelebihan Muatan dan Tidak Layak Angkut Penumpang 

RADARTASIK.COM – Kapal penyeberangan tenggelam di Teluk Mawangsaka Tengah Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Kondisi kapal tersebut kini diungkap pihak kepolisian.

Kapal tenggelam disebabkan tidak layak untuk mengangkut penumpang. Selai itu, kapal yang mengangkut 48 orang telah kelebihan muatan.

Kapolres Buton Tengah AKBP Yanna Nurhandiana menjelaskan bahwa kapal penyeberangan tersebut seharusnya hanya digunakan untuk memindahkan barang seperti sepeda motor.

BACA JUGA: Polisi Baru Sebatas Terima Informasi Soal Kasus Uang Tabungan Siswa Tasikmalaya Dibawa Eks Plt Kepala Sekolah

Kapal itu dilihat secara kasat mata saja sudah terlihat tidak layak untuk mengangkut penumpang.

Menurut Yanna, ada prosedur yang harus dipenuhi oleh kapal yang beroperasi mengangkut penumpang, sehingga keselamatan para penumpang dapat dijamin. 

Kapal itu hanya seharusnya mampu mengangkut 10 hingga 11 penumpang, namun malah mengangkut banyak warga. 

Yanna menekankan bahwa untuk mengangkut penumpang, kapal harus mematuhi standar operasional yang ditetapkan untuk menjamin keselamatan.

BACA JUGA: Bocor! Cara Bojan Hodak Kuasai Ruang Ganti Persib Akan Luar Biasa, Pemain Sok Bintang Siap-Siap Saja

Saat ini, kasus tenggelamnya kapal penyeberangan yang menyebabkan 15 orang penumpang tewas ditangani oleh Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolair) Polda Sulawesi Tenggara. 

Kapten kapal yang terlibat dalam kecelakaan tersebut telah ditangani oleh Polairud Polda Sultra dengan dilakukan pemeriksaan saksi dan barang bukti, termasuk dua saksi dari korban yang telah dimintai keterangan.

Kecelakaan kapal ini menjadi tragedi yang mengguncangkan, dan penting untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah kejadian serupa di masa depan. 

Kapal penyeberangan haruslah mematuhi persyaratan keselamatan dan regulasi yang berlaku agar para penumpangnya dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: