Jenderal Besar Soedirman Akan Dikukuhkan Sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan

Jenderal Besar Soedirman Akan Dikukuhkan Sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan

Pahlawan Nasional Jenderal Besar Soedirman akan dikukuhkan sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan.-Istimewa-

Jenderal Besar Soedirman Akan Dikukuhkan Sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan

RADARTASIK.COMGerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) yang merupakan sayap dakwah Muhammadiyah berencana mengukuhkan Jenderal Besar Soedirman sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan.

Pengukuhan ini akan dilakukan pada acara Muktamar Ke-4 Hizbul Wathan di Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu sampai Sabtu 26 – 29 Juli 2023.

Ketua Kwartir Daerah Kota Tasikmalaya Arif Zainul Arif menjelaskan di antara agenda Muktamar Ke-4 adalah menentukan pengurus kwartir pusat untuk 5 tahun yang akan datang serta pengukuhan Bapak Pandu Hizbul Wathan.

BACA JUGA: Jelang Hadapi Persija, Manajemen Panggil Tim Pelatih Persebaya untuk Lakukan Evaluasi, Ini Catatannya

”Muktamar yang keempat ini untuk pergantian pengurus Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan ditambah agenda khusus yaitu pengukuhan Jenderal Besar Soedirman sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan dan mendorong HW berkiprah di dunia global,” papar Arif.

Arif sendiri turut serta menjadi anggota Muktamar Ke-4 bersama ratusan utusan dari 27 kwartir wilayah dan kwartir daerah se-Indonesia pada perhelatan akbar 5 tahunan ini.


Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kota Tasikmalaya akan menyemarakkan Muktamar Ke-4 dan Perkemahan Akbar Hizbul Wathan di Malang.

Untuk menyemarakkan Muktamar, kata dia, digelar pula Perkemahan Akbar Hizbul Wathan di area yang sama dan diperkirakan diikuti ribuan pandu Hizbul Wathan se-Indonesia.

Dari Kota Tasikmalaya, 26 pandu tingkat Penghela dan 2 pandu tingkat Penuntun diikutsertakan pada perkemahan tersebut. 

BACA JUGA: Desa Pasir Batang Manonjaya Waspada Bencana, Bangun Desa Siaga Bersama Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

Kemah Akbar Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan sebagai acara pendukung Muktamar diikuti peserta seluruh tingkatan mulai dari tingkatan Athfal, Pengenal, Penghela dan Penuntun.

Dari Kota Tasikmalaya mengikutsertakan 14 pandu putri dan 7 pandu putra dari Qobilah Pesantren Amanah Muhammadiyah dan 2 pandu putri dan 3 pandu putra dari Qobilah SMK Muhammadiyah untuk tingkat Penghela, masing-masing didampingi 1 pembimbing.

Juga 1 pandu putra dan 1 pandu putri dari Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Umtas) untuk tingkat Penuntun.

Acara muktamar yang mengusung tema ”Menggerakkan Sumber Daya, Membangun Kader Utama” ini diawali hari Rabu 26 Juli 2023 dengan acara Pembukaan Perkemahan Akbar dilanjutkan Sidang Tanwir Pra-Muktamar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: