Kuatkan Komitmen Pegawai, Pesantren Amanah Tasikmalaya Gelar IHT

Kuatkan Komitmen Pegawai, Pesantren Amanah Tasikmalaya Gelar IHT

Kuatkan komitmen pegawai, Pesantren Amanah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya gelar In House Training.-Istimewa-

Kuatkan Komitmen Pegawai, Pesantren Amanah Tasikmalaya Gelar IHT

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Menjelang dimulainya proses pembelajaran pada tahun pelajaran 2023/2024, Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya menghadirkan H Jenal Al Purkon MPd.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen PNF) Muhammadiyah Daerah Kota Tasikmalaya ini sebagai pembicara dalam kegiatan In House Training (IHT) pada Selasa 11 Juli 2023.

KH Arip Somantri MAg sebagai Mudir Pesantren Amanah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya menyampaikan 5 ranah kecerdasan yang perlu dimiliki pegawai Pesantren Amanah Tasikmalaya yaitu kecerdasan kognitif, kecerdasan afektif, kecerdasan sosial, kecerdasan spiritual dan psikomotor.

BACA JUGA: Masyarakat Harus Jadi Pengawas Pembangunan Jalan di Tasikmalaya, Kalau Dikerjakan Asal-asalan Viralkan

Menyitir ayat 129 Surat Al-Baqarah, KH Arip juga mengungkapkan pendidik dan tenaga kependidikan terutama guru memiliki 3 tugas profetik (kerasulan) sebagaimana doa Nabi Ibrahim AS. Ketiga tugas tersebut adalah:

Pertama, membacakan atau menyampaikan ayat-ayat Allah SWT (ayat kauliyah yang ada dalam Alquran dan Assunah serta ayat yang ada di alam semesta). 


Kuatkan komitmen pegawai, Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya gelar In House Training.-Istimewa-

Sehingga, mampu membawa para santri ke alam kecerdasan dan memberi petunjuk kepada jalan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.

Kedua, mengajarkan isi Alquran dan Assunah serta ilmu pengetahuan yang terkandung di dalamnya.

BACA JUGA: Tol Cisumdawu Gratis Selama 3 Pekan, Tol Bocimi Segera Beroperasi

Sehingga, mampu memisahkan perkara yang hak dan perkara yang batil serta membedakan antara ketentuan Allah SWT dengan hukum-hukum-Nya (sunatullah).

Ketiga, menyucikan jiwa dari syirik dan penghambaan diri kepada selain Allah dengan membiasakan diri untuk memperbanyak ketaatan kepada-Nya yang didasari keikhlasan.

Kegiatan yang diikuti 33 orang pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) SMP Plus Pesantren Amanah dan 43 orang pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) SMA Plus Pesantren Amanah ini di antaranya membahas komitmen pegawai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bidang pendidikan.

Pada sesi pemaparan materi, H Jenal memotivasi para pegawai di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) termasuk Pesantren Amanah agar memiliki 3 karakter yaitu ikhlas, ikhtiar dan tawakal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: