SEGERA Diluncurkan BBM Baru Bioetanol Bulan Juni 2023, Campuran Tetes Tebu dengan Pertamax

SEGERA Diluncurkan BBM Baru Bioetanol Bulan Juni 2023, Campuran Tetes Tebu dengan Pertamax

Pertamina segera luncurkan BBM Baru Bioetanol Bulan Juni 2023. BBM baru ini merupakan campuran tetes rebu dengan Pertamax.-Pertamina-

Untuk menyusun peta jalan itu, Kementerian ESDM bekerja sama dengan tim riset Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan didukung US Grains Council (USGC).

Kajian peta jalan yang mulai disusun sejak 2021 itu untuk mendukung program implementasi penggunaan Bioetanol pada bahan bakar untuk kendaraan bermotor dan mempersiapkan industri Bioetanol di Indonesia.

BACA JUGA: CEO Giorgio Furlani Janjikan AC Milan Guncang Eropa, Panucci: Selamat Datang Masa Sulit

BACA JUGA: Matahari Tasikmalaya Kebakaran, Perusahaan Fokus Pada Evakuasi Aset

Direktur Bioenergi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Edi Wibowo mengataka Presiden Joko Widodo November 2022 telah meluncurkan program Bioetanol tebu untuk mendukung ketahanan energi.

”Saya ingin mengucapkan terima kasih atas inisiasi tim riset ITB untuk membuat kajian peta jalan percepatan implementasi Bioetanol, semoga kolaborasi ini terus berjalan baik sehingga program Bioetanol ini bisa sesuai harapan,” ujar dia.

Edi Wibowo menyampaikan hal itu dalam sambutan Seminar Peluncuran Peta Jalan Strategis untuk Percepatan Implementasi Bioetanol pada Selasa 6 Desember 2022.

Sedangkan Pakar Bioenergi ITB Prof Tatang Hernas Soerawidjaja mengatakan roadmap ITB mempersiapkan pengimplementasian bioetanol dengan target jangka pendek selama 3 tahun, jangka menengah 5 tahun dan panjang.

BACA JUGA: SUKSES Besar, Persib Pinjam 2 Pemain Hebat, Posisinya Bek dan Gelandang Serang

BACA JUGA: Adik Prabowo Bicara Masa Depan Ekonomi Indonesia di Kota Tasikmalaya

Adapun target jangka pendek dari roadmap dimulai dengan introduksi campuran 5 persen etanol atau E5 secara terbatas di Provinsi DKI Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur.

Campuran E5 etanol dapat dimasukkan ke dalam BBM jenis Petralite sehingga kualitas RON meningkat setara Pertamax.

”Nantinya hasil campuran ini akan menjadi produk Pertamax E-5,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: