KAI Siap Cetak Rekor Baru di Tahun 2023 Soal Ini

KAI Siap Cetak Rekor Baru di Tahun 2023 Soal Ini

PT KAI siap cetak rekor baru di tahun 2023 yakni membuat miniatur lokomotif 3D print terbesar se-Indonesia di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.-PT KAI-

BACA JUGA: Tammy Abraham Absen 9 Bulan, AS Roma Akan Datangkan MBala Nzola

Lokomotif ini dihadirkan dalam bentuk miniatur yang dibuat dengan teknologi kekinian yaitu menggunakan teknologi printer 3 dimensi.

Miniatur lokomotif skala 1:4 ini memiliki dimensi mencapai panjang 6 meter. Sehingga, KAI dan IRPS cukup percaya diri untuk mencatatkan miniatur lokomotif uap ini di Museum Rekor Indonesia sebagai miniatur lokomotif terbesar di Indonesia.

Yang lebih unik lagi, semua proses pencetakan tridimensi (print 3D) ini akan diperlihatkan kepada masyarakat selama 14 hari di Stasiun Besar Semarang Tawang Bank Jateng.

Secara keseluruhan, miniatur lokomotif terbesar ini akan dicetak menggunakan 35 mesin cetak tridimensi (printer 3D) dan menghabiskan setidaknya 170 kg material filamen plastik, ABS, dan resin.

BACA JUGA: Cuci Gudang AS Roma: Wijnaldum Ucapkan Selamat Tinggal, Evan Ndicka Disiapkan Kontrak Hingga 2028

Juga didukung penuh oleh 3D Zaiku Indonesia sebagai salah satu pelopor yang menghadirkan teknologi cetak tridimensi di Indonesia.

Kegiatan pencatatan rekor ini menjadi bagian dari HUT IRPS ke-21. IRPS adalah komunitas pecinta kereta api yang memusatkan perhatian dan kegiatannya pada penyelamatan dan pelestarian aset perkeretaapian Indonesia yang bernilai sejarah.

Sementara itu, nama Stasiun Semarang sejak 17 April 2023 berubah menjadi Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

KAI saat ini membuka kesempatan kepada perusahaan-perusahaan untuk ikut serta berkolaborasi dalam program hak penamaan atau Naming Rights pada stasiun-stasiun.

BACA JUGA: Jurnalis Italia: AC Milan Salah Besar Pecat Maldini

Program ini juga merupakan sebuah inovasi KAI dalam hal optimalisasi aset perusahaan.

Melalui program Naming Rights, nama brand milik mitra akan diterapkan dalam berbagai penyebutan baik audio maupun visual di berbagai media.

Seperti signage, wayfinding, peta jalur, announcement, dan berbagai publikasi lainnya terkait dengan stasiun tersebut.

Diharapkan dengan program ini, KAI dengan mitra dapat menjalin kerja sama yang produktif dan berkelanjutan sehingga dapat menarik baik dari sisi reputasi maupun keberlanjutan bisnis antar perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: