BPOM Nyatakan Indomie Rasa Ayam Spesial Aman untuk Dikonsumsi, Setelah Heboh di Taiwan Berikut Penjelasannya

BPOM Nyatakan Indomie Rasa Ayam Spesial Aman untuk Dikonsumsi, Setelah Heboh di Taiwan Berikut Penjelasannya

Ilustrasi mie rasa ayam spesial yang dinyatakan aman oleh BPOM.-Foto: ilustrasi/tangkapanlayar-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Heboh produk mie instan asal Indonesia yang beredar di Taiwan dan mengandung bahan berbahaya, BPOM RI angkat suara serta menyatakan bahwa produk tersebut masih man untuk dikonsumsi.

Dalam penjelasannya BPOM RI memberikan keterangan bahwa Otoritas Kesehatan Kota Taipei melaporkan keberadaan EtO pada bumbu produk mie instan merek Indomie Rasa Ayam Bawang Spesial, produk dai PT Indofood CBP Sukss Makmur Tbk, sebesar 0,187 mg/kg (ppm).

Taiwan tidak memperbolehkan EtO pada pangan. Metode analisis yang digunakan oleh Taiwan FDA adalah metode penentuan 2-Choloro Ethanol (2-CE) yang hasil uji konversinya sebagai EtO. Oleh karena itu, kadar EtO sebesar 0,187 ppm setara dengan kadar 2-CE sebesar 0,34 ppm.

BACA JUGA:WOW! Dibuka Lowongan Kerja Besar-Besaran di Tasik, Cek Waktu dan Kualifikasinya

Indonesia telah mengatur batas maksimal residu (BMR) 2-CE sebesar 85 ppm melaluiKeputusan Kepala BPOM nomor 229 tahun 2022 tentang Pedoman Mitigasi Risiko Kesehatan Senyawa Etilen Oksida.

Dengan demikian kadar 2-CE yang terdeteksi pada sampel mie instan di Taiwan (0,34 ppm) masi jauh di bawah BMR 2-CE di Indonesia. Juga termasuk di negara lin seperti Amerika dan Kanada.

Oleh karena itu, di Indonesia produk mie instan tersebut aman dikonsumsi, karena telah memenuhi persyaratan keamanan dan mutu produk sebelum beredar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: