Puncak Arus Mudik Lewati Jalur Gentong Diprediksi H-1 Cuti Bersama

Puncak Arus Mudik Lewati Jalur Gentong Diprediksi H-1 Cuti Bersama

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin.- Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin mengatakan, persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2023 terus dilakukan dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Lebaran.

"Kita sudah melakukan rapat lintas sektoral kemarin. Semua pihak menyatakan kesiapannya mendukung dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat baik saat mudik Idul Fitri maupun ketika arus balik," paparnya, Jumat 14 April 2023.

"Kemudian persiapan lainnya, kami sudah melakukan pengecekan survei jalur terkait dengan kondisi jalan yang ada dilakukan Satlantas beserta dinas terkait lainnya dan Dirjen PU," sambungnya.

Untuk pantauan kondisi jalan di jalur mudik, Kapolres memastikan sudah laik untuk dilewati para pemudik. Termasuk juga jalur Gentong.

BACA JUGA:Kepala BNN Kota Tasikmalaya Dibebastugaskan Buntut Surat Minta THR ke PO Bus Budiman 

"Untuk kesiapan kami secara internal mengenai operasi Ketupat Lodaya ini akan menerjunkan 1.100 personel," terangnya.

Sebanyak 1.100 personel itu terdiri dari 600 personel unsur Kepolisian, 600 personel unsur TNI dan beberapa SKPD Pemkot Tasik serta Kabupaten Tasik, serta beberapa komponen masyarakat.

"Mari kita menyukseskan operasi ini agar mudik bisa aman dan nyaman serta terasa pelayanan pemerintah terasa oleh masyarakat," ajaknya.

Sementara disinggung puncak arus mudik, tambah dia, informasi dari Mabes Polri ada kemungkinan gelombang pertama terjadi pada Minggu ini.

BACA JUGA:Getaran Gempa Tuban Terasa Hingga Pantai Selatan Cipatujah Tasikmalaya 

Sementara puncak arus mudik lewati Jalur Gentong diprediksi H-1 cuti bersama. Dengan begitu untuk menghindari kepadatan arus mudik lewati Gentong, pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya pengamanan.   

"Maka dari Mabes Polri telah memerintahkan seluruh jajaran yang berada di jalur utama mudik baik utara, tengah dan selatan termasuk tol, untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan di weekand ini. Tapi tetap mendasari prediksi bahwa puncak arus mudik akan terjadi saat H-1 menjelang cuti bersama," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: