Wow Rp2,4 Triliun Uang Baru Disebarkan BI Kantor Tasikmalaya untuk Kebutuhan Lebaran

Wow Rp2,4 Triliun Uang Baru Disebarkan BI Kantor Tasikmalaya untuk Kebutuhan Lebaran

Warga rela antri untuk tukaran uang baru di kas keliling Bank Indonesia Kantor Tasikmalaya-Foto:dok radartasik.com-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Bank Indonesia Kantor Tasikmalaya menyediakan uang rupiah baru untuk kebutuhan Lebaran tahun 1444 hijriah sebanyak Rp2,4 Triliun. 

Kepala Bank Indonesia Kntor Tasikmalaya, Aswin Kosotali menyampaikan bahwa uang baru yang disiapkan ini melebihi dari target kebutuhan masyarakat yang besarnya sebanyak Rp1,7 Triliun. 

“Penukaran uang baru ini dalam rangka menyambut Lebaran, sehingga masyarakat lebih semangat lagi menyambut hari raya, juga salah satu bentuk kecintaan terhadap rupiah,” ungkapnya.

BACA JUGA:YUK Mudik Lebaran ke Kota Tasik, Hadir Ikon Baru di Taman Kota, Begini Kisah Kadispen TNI AU

Antusias masyarakat untuk mendapatkan uang baru yang akan digunakan berlebaran, cukup tinggi. Warga berburu uang baru, bahkan rela ntri berpanas-panaskan hanya untuk bisa mendapatkan uang baru.

Bank Indonesia Kantor Tasikmalaya menyediakan 105 titik lokasi penukaran uang baru yang dapat diakses masyarakat di berbagai bank yang tersebar di wilayah Priangan Timur mulai dari Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Selain layanan penukaran uang di berbagai bank yang telah ditunjuk, juga bisa dilakukan penukaran di layanan kas keliling.

BACA JUGA:Sopir Angkutan Umum Wajib Bebas Narkoba dan Miras, Ram Check Bus di Terminal Tipe A Banjar

Penukaran uang baru ini tidak ada syarat apa pun, hanya dibatasi saja per orang sebesar Rp3.800.000,-. 

Kemudian tukar bisa campur,  dengan ketentuan per gepok sesuai nominal uang. Seperti pecahan nominal Rp100.000,- bisa ditukar dengan sau gepok pecahan Rp1.000,- . 

Kemudian nominal Rp200.000,- bisa ditukar dengan atu gepok pecahan Rp2.000,-. Nominal Rp500.000,- bisa ditukar dengan 1 gepok pecahan Rp5.000,- nominal Rp1.000.000,- bisa ditukar dengan 1 gepok pecahan Rp10.000,-. Nominal Rp2.000.000,- bisa ditukar dengan 1 gepok pecahan Rp20.000,-.

BACA JUGA:KEREN! Ikon Baru Kota Tasikmalaya Siap Menyapa Pemudik Lebaran 2023

Uang rupiah baru hasil penukaran dengan uang rupiah lama, banyak digunakan oleh masyarakat untuk memberi sedekah, hadiah kepada sanak saudara. Seperti kata Delima warga Mangkubumi, dirinya menukarkan uang baru untuk hadiah yang akan diberikan buat keponakan dan saudara-saudaranya.

"Anak kecil suka senang, kalau dikasih uang baru. Setahun sekali di momentum lebaran, kita berbagai pakai uang baru," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: