Satlantas Polres Tasikmalaya Siapkan Skema Hadapi Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023

Satlantas Polres Tasikmalaya Siapkan Skema Hadapi Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023

Satlantas Polres Tasikmalaya saat melakukan pengecekan kondisi kendaraan dinas untuk persiapan Operasi Ketupat Lodaya tahun 2023.-ujang nandar-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Satlantas Polres Tasikmalaya siapkan skema pangaturan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Kasat Lantas Polres Tasikmalaya, AKP Abdhi Hedriyatna mengatakan, jalur selatan ataupun Jalur Singaparna-Salawu hingga jalur Garut sudah dipersiapakan hingga dilakukan pemetaan.

"Jadi untuk cara bertindak yang sudah kita lakukan seperti tahun kemarin, tetap kita laksanakan pemetaan kembali untuk jalur alternatif ini," jelas Abdhi.

Bila terjadi kemacetan atau penumpukan kendaraan di titik Ciawi atau Limbangan, Satlatas Polres Tasikmalaya siapkan skema dengan pengalihan arus kendaraan dari arah Tasikmalaya Kota menuju Bandung, --kemacetan di titik Ciawi-- dialihkan ke Jalan Cising ataupun Padakembang menuju Garut.

Begitu juga sebaliknya, kendaraan dari arah barat jika terjadi kemacetan di Limbangan atau Ciawi, kendaraan dari arah barat ke timur dialihkan ke Garut via Singaparna kemudian menuju Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:Dikalahkan Persib, Pengakuan Pelatih Persis Solo Leonardo Medina Mengejutkan

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, arus mudik kendaraan dari arah barat biasanya mengambil rute Ciawi ke Kota Tasikmalaya. Ini berbeda dengan arus balik, dimana kerap terjadi kemacetan di titik Gentong.

Kendaraan dari arah timur menuju barat, biasanya dialihkan ke Singaparna Kabupaten Tasikmalaya dan menuju Garut.  

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan tersebut, Satlantas Polres Tasikmalaya menyiapkan Pos Pelayanan mulai perbatasan dengan Kota Tasikmalaya, menuju pusat kota Singaparna, Pos Tapal Kuda kemudian Pos perbatasan Garut. 

Sementara untuk jalur alternatif Cipatujah juga telah dipersiapkan, meski tidak signifikan digunakan sebagai jalur mudik. 

BACA JUGA:Masih Tunggu Kabar, Orang Tua Mahasiswa STMIK Tasikmalaya akan Kembali Datangi Kampus

"Tetap kita di sana ada Pos Pelayanan. Pos Pantai Cipatujah dan juga Pospam Cikalong. Jadi apabila terjadi kepadatan juga di jalur wisata ataupun kita lakukan langkah," kata dia.

Apabila tidak terjadi kepadatan, pihak kepolisian tetap siaga di jalur-jalur yang menjadi prioritas dalam melaksanakan Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: