Wujudkan Indonesia Pusat Halal Dunia, Kemenag Kota Tasikmalaya Kampanyekan Mandatory Halal

Wujudkan Indonesia Pusat Halal Dunia, Kemenag Kota Tasikmalaya Kampanyekan Mandatory Halal

Kemenag Kota Tasikmalaya Kampanyekan Mandatory Halal-foto: istimewa-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM -  Kementerian Agama Republik Indonesia mengadakan kegiatan Kampanye Mandatory Sertifikasi Halal Tahun 2023 secara serentak di 34 Provinsi dan seribu titik di seluruh Indonesia pada hari Sabtu 18 Maret 2023 lalu.

Kegiatan dilaksanakan di dua titik yaitu titik pertama berlokasi di Lapangan Dadaha Kota Tasikmalaya dan titik kedua di Taman Kota Tasikmalaya.

Kegiatan kampanye mandatory halal ini tidak hanya dilaksanakan oleh Kementerian Agama dalam hal ini menurunkan para Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Agama Islam Non PNS namun juga menggandeng Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Hadir di titik pertama Tim dari Dinas Sosial Pemkot Tasikmalaya, Tim dari Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Perdagangan. Turut hadir pula para tokoh agama dan tokoh masyarakat seperti Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:Sampahmu Bisa Jadi Uang Yuk Nabung di Bank Sampah Kilat Buana

Di titik pertama digelar kegiatan seremonial, Kepala Seksi BImbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agaam Kota Tasikmalaya H. Danial Abdul Kholik membacakan sambutan Menteri Agama.

Kasi BImas Islam Bersama dengan para Penyuluh Agama Islam dan pegawai di Seksi Bimas Islam memusatkan lokasi seremonial di depan Mesjid Agung Al Mujahidin, depan GOR Dadaha Tasikmalaya.

“Hari ini akan menjadi awal bagi Indonesia dalam rangka mensukseskan Indonesia menjadi Pusat Industri Halal Dunia, terlibatnya seluruh lapisan masyarakat di 1.000 titik loasi di Indonesia untuk dapat menyampaikan pesan-pesan mandatory atau kewajiban sertifikasi halal pada penahapan pertama yang mulai berlaku pada oktober tahun 2024,” ujarnya membacakan amanat Menteri Agama.

Selesai acara seremonial para penyuluh ini bergerak ke sekitaran lapangan dadaha untuk mulai berkampanye mengenai sertifikasi halal, hasilnya berbondong-bondong para pedagang memadati meja tempat registrasi sertifikasi halal.

BACA JUGA:Persib Kembali ke Jalur Kemenangan, Libas Dewa United 2-1, Luis Milla: Persib Harusnya Bisa Cetak Lebih 2 Gol

Panitia memang sengaja menyediakan stand khusus untuk melayani para pedagang yang akan mendaftar langsung di lokasi.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, kita berusaha jemput boal dengan berkampanye langsung di lokasi dadaha yang memang tempatnya dipenuhi oleh para pedagang, apalagi di hari libur seperti sekarang ini,” ujar Danial.

Di titik kedua yang berlokasi di Taman Kota kegiatan yang sama juga berlangsung dengan lancar, penanggungjawab kegiatan yaitu Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya, H. Yayan Herdiana, M.Ag didampingi oleh pegawai Seksi Bimas Islam, para Penyuluh Agama Islam dan para Kepala Kantor Urusan Agama memusatkan lokasi seremonial di pusat Taman Kota Tasikmalaya.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya para pelaku usaha baik mikro kecil, menengah maupun besar  untuk segera mendaftarkan produknya. Khusus untuk UMK saya ajak untuk manfaatkan fasilitas sertifikasi halal gratis (SEHATI) yang ada di Kementerian Agama mellaui BPJPH maupun di Kementerian /Lembaga lain serta Pemerintah Daerah,” ajak Menteri Agama yang dibacakan dalam sambutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: