Gerakan Angkut Sampah Tiap Jumat di Bank Sampah Saber, Ku Bank Sampah Mah Milihan Runtah Jadi Barokah

Gerakan Angkut Sampah Tiap Jumat di Bank Sampah Saber, Ku Bank Sampah Mah Milihan Runtah Jadi Barokah

Direktur Bank Sampah Saripin Bersinar (Saber), Yana Hellyana di lokasi pemilahan sampah.-Foto:tina/radartasik.disway.id-

BACA JUGA:Kisah Pelajar SMKN 2 Banjar Ciptakan Jemuran Pakaian Otomatis, dari Keluhan sang Ibu Tercipta Karya Inovatif

Selain itu, Yana juga berharap adanya pelatihan dai dinas terkait unruk pemilahan dan pengolahan sampah lanjutan.

Sehingga pengelolaan sampah di bank sampah tidak hanya sekadar sampai pengangkutan saja, akan tetapi dari hulu ke hilir bisa dilakukan di bank sampah.

Sejauh ini, kata Yana, pengolahan sampah agar memiliki nilai ekonomis dan bermanfaat, pihaknya membuat berbagai macam hiasan dari sampah yang sudah dipilah.

Seperti membuat miniatur bangunan dari tutup motol plastik, membuat tempat lampu dari dakron bekas bantal guling, juga beberapa karya lainnya yang memang dibuat dari sampah yang dapat didaur ulang.

BACA JUGA:Sekda Kota Tasik Jajal Destinasi Wisata Air di Sungai Ciwulan

Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Enan Suherlan, Amd., S.Th.I., S.H., M.M. menuturkan kedepan memang harus ada pembinaan yang lebih intens untuk bank sampah.

Bank sampah memiliki peran penting juga sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam memberikan edukasi tetang pemilahan sampah kepada masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat dapat melakukan pemilahan sampah sejak dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: