Sekda Kota Tasik Jajal Destinasi Wisata Air di Sungai Ciwulan

Sekda Kota Tasik Jajal Destinasi Wisata Air di Sungai Ciwulan

Sekda Kota Tasik, Ivan Dicksan saat menyusuri Sungai Ciwulan, Kawalu, Rabu 15 Maret 2023 siang.- Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Wisata air di Sungai Ciwulan menjadi salah satu program unggulan Kota Tasik untuk menarik minat wisatawan. Wisata air di Sungai Ciwulan ini berada di Kelurahan Leuwiliang, Kecamatan Kawalu, punya aliran air yang cocok olahraga arung jeram.

Setiap tahun, Even Tasik Baseuh dikenal luas para wisatawan luar kota untuk dipergunakan sebagai ajang olahraga arung jeram.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasik, Ivan Dicksan dan unsur Forkopimda, Rabu 15 Maret 2023 siang jajal destinasi wisata air di Sungai Ciwulan sepanjang 14 kilometer dalam agenda Road To Tasik Baseuh ke-8.

"Sungai ini adalah kebanggaan Kota Tasik yang memang bisa menjadi salah satu lokasi wisata olahraga air, yaitu arung jeram," paparnya.

BACA JUGA:Kisah Pelajar SMKN 2 Banjar Ciptakan Jemuran Pakaian Otomatis, dari Keluhan sang Ibu Tercipta Karya Inovatif

"Ini juga dirangkaikan Road To Tasik Baseuh 2023 yaitu ke delapan. Jadi memang sesuai arahan Pak Pj Wali Kota (Cheka Virgowansyah, red) bahwa Disporabudpar diminta bagaimana menyusun agenda even setahun ini yang skala regional dan menghadirkan tamu-tamu dari luar wilayah Kota Tasik," sambungnya.

Salah satu yang digagas Disporabudpar yakni bisa mengoptimalkan potensi Sungai Ciwulan melalui Even Tasik Baseuh.

"Jadi kita survei, kita lihat kondisinya saat ini. Lalu kita evaluasi apa yang harus dipersiapkan dan lain-lain sehingga sungai ini potensinya bisa dioptimalkan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Tasik," terangnya.

Apalagi, beber Ivan, Sungai Ciwulan berada di daerah Kawalu yang memiliki potensi wisata lain. Jadi tinggal diintergrasikan. 

BACA JUGA:Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi Smart City Kota Tasik Bebas, MA Putuskan Tak Bersalah

"Karena ada Hutan Urug, belanja bordir, Air Tanjung dan lainnya. Mudah-mudahan ini bisa diintergrasikan sehingga betul-betul kawasan ini bisa menjadi lokasi wisata yang layak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia," bebernya.

Ivan menambahkan, lokasi tersebut pernah dipakai Kejurnas Arung Jeram. Bahkan pernah juga diusulkan sebagai lokasi Porda Jawa Barat.

"Menurut teman-teman para pegiat olahraga air sangat layak karena ada beberapa etape untuk para pemula. Sehingga sangat safety. Karena untuk evakuasi sangat mudah, lokasinya seiring jalur jalan," tambahnya.

Kepala Disporabudpar, Deddy Mulyana menuturkan, pihaknya bersama Sekda Ivan menelusuri Sungai Ciwulan dalam rangkaian kegiatan sebelum Tasik Baseuh 2023 yang akan dilaksanakan tahun ini sekitar Juni-Juli pasca Idul Fitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: