SIAP-SIAP! Pembebasan Lahan Tol Getaci Akan Dilanjut ke Tasik

SIAP-SIAP! Pembebasan Lahan Tol Getaci Akan Dilanjut ke Tasik

Pembebasan lahan Tol Getaci akan dilanjut ke Tasik. Tol terpanjang di Indonesia ini tiga tahun nanti pasti tembus ke Ciamis.--Simpul KPBU--

BACA JUGA: MELEGAKAN, Ridwan Kamil Sampaikan Kabar Baik Soal Pembangunan Jalan Tol Getaci, Sabar Ya...

Sehingga, waktu perjalanan dari Bandung ke Tasik akan lebih cepat. ”Nanti cukup 30 menit dari Bandung ke Tasikmalaya,” ujar dia.

”Bayangkan dalam 2-3 tahun setelah tol terlewati, Kota Tasikmalaya akan tumbuh luar biasa. Makanya yang mau pensiun pasti di Tasikmalaya karena kotanya bakal pirameun,” tuturnya.

Tol Terpanjang di Indonesia

Dilansir laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Tol Getaci melintasi dua provinsi. Provinsi Jawa Barat sepanjang 171,40 km. Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 km.

BACA JUGA: Daftar 16 Ruas Jalan Tol Baru Beroperasi Saat Mudik Lebaran 2023, Tol Cisumdawu Full Beroperasi

Total panjang Tol Getaci 206 km. Ini menjadikan jalan Tol Getaci sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tol Getaci terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage – Garut Utara sepanjang 45,20 km. Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 km.

Seksi 3 Tasikmalaya – Patimuan sepanjang 76,78 km. Seksi 4 Patimuan – Cilacap dengan panjang 34,35 km. 

Pembangunan jalan Tol dengan nilai investasi Rp 56 triliun ini akan dibagi menjadi dua tahap.

BACA JUGA: Hore! Mudik Motor Gratis 2023 Dibuka Mulai 1 Maret, Djarot Jelaskan 3 Perbedaan dengan Motis Tahun Lalu

Tol Getaci akan memiliki 9 buah simpang susun dan 1 buah junction yaitu junction Gedebage yang akan terkoneksi dengan jalan tol Padalarang – Cileunyi (Padaleunyi).

Jalan tol ini akan memiliki 2x2 lajur dengan lebar lajur 3,6 meter serta akan dibangun dengan desain struktur at grade sepanjang 175,27 km, struktur elevated sepanjang 22,26 km, dan pile slab sepanjang 9,12 km.

Sebelumnya, Senin 31 Januari 2022, telah dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol Getaci di Auditorium Kementerian PUPR.

Penandatanganan dilakukan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit, Direktur Utama PT PII M Wahid Sutopo dan Direktur Utama PT Jasamarga Gedebage Cilacap Johannes Mancelly.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: