70 Titik Lampu PJU Tahun Ini Bakal Dipasang Dishub Garut di Jalan Utama dan Objek Wisata

70 Titik Lampu PJU Tahun Ini Bakal Dipasang Dishub Garut di Jalan Utama dan Objek Wisata

Jalan baru Ibrahim Adjie merupakan salah satu jalan yang akan dipasang lampu penerangan pada tahun 2023 ini.-agi sugiana-radar tasikmalaya

GARUT, RADARTASIK.COM – Sedikitnya 70 titik lampu PJU tahun ini bakal dipasang di beberapa ruas jalan di Kabupaten Garut. Dishub Kabupaten Garut bakal memprioritaskan jalan utama dan jalan menuju objek wisata.   

"Tahun ini di jalan baru Ibrahim Adjie, kita akan memasang 52 penerangan, ditambah 18, jadi total 70 titik," ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut Aah Saeful Anwar Kamis 02 Februari 2023.

Disampaikan Aah Saeful, lampu penerangan jalan umum (PJU) selain di jalan baru Ibrahim Adjie, jalan menuju objek wisata seperti menuju Objek Wisata Candi Cangkuang juga bakal diterangi PJU. "Di jalan Objek Wisata Cangkuang kita ada 10 titik," katanya.

Beberapa ruas jalan lainnya yang bakal mendapat penerangan seperti Jalan Cintaasih dan Play over Bunisari. "Di Jalan Cintaasih ada 5 titik dan di play over 8 titik," sebut dia.

BACA JUGA:MARIYO LONDOK, Kiper Baru Persib Langsung Latihan, Melahap Menu Latihan Luizinho Passos, Teja Paku Alam?

Lebih lanjut Aah mengatakan, untuk memenuhi penerangan jalan ini membutuhkan anggaran lebih dari Rp1 miliar. Dari jumlah itu menurutnya sebagian sudah direalisasikan di tahun 2022. "Yang tahun 2022 itu anggaran totalnya kalau yang 52 itu Rp1 miliar ditambah Rp560 juta," lanjutnya.

Pemasangan lampu penerangan jalan ini diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan, khususnya yang melintas ke Kabupaten Garut.

Pantauan Radar di Jalan baru Ibrahim Adjie, sebagai jalan sudah dipasangi PJU. Tetapi masih ada sebagai jalan yang belum dipasang lampu PJU sehingga saat jalan malam hari harus berhati-hati.

Sebelumnya, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, penerangan jalan di Kabupaten Garut masih minim sehingga pemerintah melalui Dinas Perhubungan akan memasang penerangan jalan di sejumlah jalan jalan utama.

BACA JUGA:Budidaya Jamur Tiram, Cara KTH Balad Sangkur Banjar Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Menurut Rudy, jalan di Kabupaten Garut yang diterangi hanya sekitar 12 persen saja. Dengan begitu, tahun ini akan menaikkan 10 persen menjadi 22 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: