Siap-siap, Seleksi CPNS 2023 Akan Dibuka untuk Pemenuhan Talenta Digital, Cek di Sini Arah Kebijakannya

Siap-siap, Seleksi CPNS 2023 Akan Dibuka untuk Pemenuhan Talenta Digital, Cek di Sini Arah Kebijakannya

Seleksi CPNS 2023 akan dibuka untuk pemenuhan talenta digital. Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan.-Ilustrasi Suryadi/radartasik.com-

RADARTASIK.COM –  Kabar gembira. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023.

Pemerintah membuka seleksi CPNS 2023 bukan hanya untuk pegawai pemerintah dengan kontrak kerja (PPPK).

Perlu diketahui, seleksi CPNS 2023 akan dibuka untuk pemenuhan talenta digital dengan tujuan agar terciptanya transformasi digital.

Kabar baiknya pembukaan seleksi CASN 2023 untuk umum ini disampaikan langsung Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas.

BACA JUGA: DEBUT AJAIB Rezaldi Hehanussa, Hanya Perlu Kirimkan 2 Kali Assist, Bantu Persib Tumbangkan PSIS Semarang

”Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 31 Januari 2023.

Mengenai formasi seleksi CASN, kata dia, ke depannya seleksi CPNS akan secara selektif dan terbatas. Selain berfokus pada kebutuhan tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan, seleksi CPNS 2023 akan dibuka untuk pemenuhan talenta digital.

Menurutnya, hal itu merupakan perubahan digital yang dilakukan dalam membangun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

”Pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digital yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur SPBE. Formasi lain yang juga akan dibuka adalah hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA: PERSIB REKRUT KIPER BARU: Lebih Muda dari Teja Paku Alam, Mario Londok Dikontrak 2 Tahun dari Persipura

Anas menambahkan, instansi pemerintah saat ini sedang dalam tahap persiapan untuk mengusulkan formasi seleksi CPNS.

”Sekarang, semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” ujar dia.

Rekrutmen CASN 2023 juga mempertimbangkan beberapa variabel tertentu, seperti indikator jumlah pensiunan PNS dan kinerja sumber daya manusia dalam mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

Anas juga meminta instansi pemerintah untuk memulai pendataan dan mengusulkan kebutuhan ASN pada 2023. Terutama formasi prioritas yang harus segera diisi di instansi masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: